Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minyak Jelantah di Denpasar Dibeli Rp5.000/Kg

Minyak jelantah yang dibeli tersebut dikirim ke Kota Surabaya untuk diolah menjadi biodiesel. Selanjutnya, akan diekspor.
Minyak jelantah./Ilustrasi
Minyak jelantah./Ilustrasi

Bisnis.com, DENPASAR - Perusahaan yang bergerak di bidang lingkungan Sinar Bumi Menghijau siap membeli minyak jelantah milik warga Kota Denpasar senilai Rp5.000 per Kg.

Pemilik Sinar Bumi Menghijau Rai Bagus Mahaputra mengatakan minyak goreng bekas pakai atau minyak jelantah memiliki nilai ekonomis karena dapat diolah menjadi bahan bakar biodiesel. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari kerusakan lingkungan jika minyak bekasnya dibuang sembarangan.

"Dengan membeli minyak jelantah, kita juga bisa mencegah penyalahgunaan oleh oknum tertentu,” kata dia dalam rilis, Selasa (18/5/2021).

Menurutnya, minyak jelantah yang dibeli tersebut dikirim ke Kota Surabaya untuk diolah menjadi biodiesel. Selanjutnya, akan diekspor ke Negara Eropa. Sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomis dari minyak bekas ini, terlebih harga jual bahan baku hampir sama dengan harga solar di Denpasar.

"Untuk itu kami memohon bantuan Pemkot Denpasar untuk ikut serta mensosialisasikan kepada masyarakat dan industri penghasil minyak jelantah untuk mengumpulkan di setiap desa/kelurahan," tambahnya.

Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa turut mengapresiasi program ini, karena dinilai sangat bagus termasuk dari ekonomi untuk masyarakat.

"Dengan ada yang membeli minyak bekas tersebut, kini masyarakat bisa mengumpulkan dan mendapatkan penghasilan tambahan,” tuturnya.

Lebih lanjut, untuk mendukung kegiatan ini, Pemkot Denpasar akan mengajak masyarakat dan pelaku industri menjual minyak jelantah ke Sinar Bumi Menghijau untuk diolah menjadi biodiesel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Luh Putu Sugiari
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper