Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuartal I/2021, Transaksi Nontunai di NTB Tumbuh, Begini Gambarannya

Pertumbuhan positif juga terjadi pada transaksi melalui kartu kredit dan kartu debit senilai 23,68 persen (yoy) dengan 3,1 juta kartu yang ada di masyarakat.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, MATARAM - Transaksi nontunai di Nusa Tenggara Barat pada kuartal I/2021 tumbuh positif mulai dari transaksi melalui RTGS hingga transaksi uang elektronik.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTB mencatat untuk transaksi melalui Real Time Gross Settlement (RTGS) tumbuh senilai 19,61 persen (year on year/yoy) dengan jumlah 1.720 transaksi. Nilai transaksinya tumbuh 12,82 persen (year on year/yoy) senilai Rp2,6 triliun pada Kuartal I/2021.

Kepala Perwalan BI NTB Heru Saptaji menjelaskan penurunan transaksi terjadi pada Sistem Kliring Bank Indonesia (SKNBI). "Transaksi melalui SKNBI turun 8,13 persen (yoy) menjadi 24.568 transaksi dengan nilai transaksi Rp1,2 triliun atau turun 5,98 persen (yoy).

Pertumbuhan positif juga terjadi pada transaksi melalui kartu kredit dan kartu debit senilai 23,68 persen (yoy) dengan 3,1 juta kartu yang ada di masyarakat. "Nilai transaksi dari kartu debit dan kredir Rp5,9 triliun atau tumbuh 22,95 persen (yoy)," ujar Heru.

Transaksi uang elektronik di NTB juga tumbuh 118,81 persen (yoy) dengan volume transaksi sejumlah 1,1 juta. Nilai transaksi uang elektronik juga tumbuh signifikan mencapai 168,28 persen (yoy) atau sejumlah Rp113 miliar hingga Maret 2021.

Selain itu, BI NTB juga meningkatkan limit transaksi non tunai berbasis QRIS dari Rp2 juta menjadi Rp5 juta.

"Limit transaksi QRIS kami tingkatkan karena pertumbuhan QRIS di NTB yang positif. Saat ini ada 63.487 merchant yang tersebar di NTB. Dengan diingkatkannya limit kami harap akselerasi ekonomi digital terus meningkat," ungkap Heru.(K48)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler