Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bangkitkan Ekonomi Desa, PT.Gerbang NTB Emas Bangun Toko Modern TDC Mahadesa

Trade and Distriburion Center (TDC) Mahadesa berfungsi sebagai pusat penjualan dan distribusi hasil produk komoditas unggulan desa di NTB, serta kebutuhan pokok masyarakat desa seperti Sembako.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 20 April 2021  |  11:30 WIB
Salah Satu Toko TDC Mahadesa di NTB.
Salah Satu Toko TDC Mahadesa di NTB.

Bisnis.com, MATARAM - Badan Usaha Milik Daerah Nusa Tenggara Barat, PT.Gerbang NTB Emas membuat terobosan usaha dengan program Trade and Distribusion Mahadesa untuk membangun ekosistem ekonomi baru di desa.

Trade and Distriburion Center (TDC) Mahadesa berfungsi sebagai pusat penjualan dan distribusi hasil produk komoditas unggulan desa di NTB, serta kebutuhan pokok masyarakat desa seperti Sembako.

Corporate Secretary PT.Gerbang NTB Emas (GNE) Masyhur Harahap menjelaskan program TDC Mahadesa menjadi tempat bagi produk UMKM desa. "Selain sebagai pusat transaksi kebutuhan pokok masyarakat desa, Mahadesa akan menjadi pusat produk UMKM di desa tersebut, sehingga bisa langsung dipasarkan," ungkapnya kepada Bisnis, Selasa (20/4/2021).

Toko TDC Mahadesa sudah terbangun di 25 desa di Lombok Barat, dan 20 toko TDC Mahadesa di pulau Sumbawa atau sekitar 40 persen pembangunan dari target yang ditentukan.

"Saat ini kami sudah mulai di Lombok Barat dan Sumbawa, kami berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan BUMD di kabupaten," ujar Masyhur.

Hadirnya TDC Mahadesa akan menyerap tenaga kerja dari penduduk desa sehingga dapat mengurangi pengangguran dan urbanisasi generasi muda desa ke kota besar. "Kami mencoba menciptakan kerja serta pemberdayaan yang berkelanjutan bagi masyarakat desa," jelas Masyhur.

Toko TDC Mahadesa dikelola dengan sentuhan teknologi terbaru sehingga tidak kalah saing dengan toko modern yang sudah maju.(K48)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ntb dana desa
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top