Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembebasan Lahan MotoGP, ITDC Mandalika Bayar Rp27,7 Miliar 

Lahan enclave yang sudah dibebaskan akan dibangun fasilitas penunjang MotoGP dan WSBK seperti paddock, pit Building, medical center dan bangunan penunjang lainnya.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 26 Maret 2021  |  18:53 WIB
Penyerahan uang ganti untung pembebasan lahan Kawasan MotoGP Mandalika. - Ist
Penyerahan uang ganti untung pembebasan lahan Kawasan MotoGP Mandalika. - Ist

Bisnis.com, MATARAM - Pemilik lahan di kawasan sirkuit MotoGP Mandalika menerima uang ganti untung senilai total Rp27,7 miliar dari Indonesia Tourism Development Corporation Mandalika.

Uang ganti untung tersebut diberikan kepada para pemilik lahan dengan luas lahan yang dibayarkan seluas 22.086 m² atau 10 bidang tanah.

Deputi Bidang Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Hari Santosa Sungkari menjelaskan jika pembayaran ganti untung sudah sesuai dengan harga apparsial yang disepakati.

"Biaya ganti untung yang kami berikan kepada pemilik lahan sudah sesuai dengan harga apparsial yang ditetapkan. 10 bidang tanah ini merupakan bagian dari 29 bidang tanah yang dibebaskan oleh pemerintah," jelas Hari dikutip dari rilis pada Jumat (26/3/2021).

Lahan enclave yang sudah dibebaskan akan dibangun fasilitas penunjang MotoGP dan WSBK seperti paddock, pit building, medical center dan bangunan penunjang lainnya.

Hari menjelaskan lancarnya proses pembebasan lahan tidak lepas dari dukungan masyarakat untuk suksesnya penyelenggaraan MotoGP di Mandalika. "Ini bagian dari kontribusi masyarakat terhadap penyelenggaraan MotoGP. Kami berharap dengan uang ganti untung bisa sebagai modak investasi kedepan untuk pemilik lahan yang menerima," ujarnya.

Camat Pujut Lalu Sungkul menjelaskan komitmen pemilik lahan yang ikhlas menyerahkan tanahnya untuk penyelenggaraan MotoGP. "Masyarakat kami telah menunjukkan komitmen untuk menyerahkan lahannya kepada pemerintah, hal tersebut memberi kontribusi besa bagi event MotoGP," ungkapnya.

Pembayaran ganti untung itu sendiri berasal dari Kemenparekrat melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). (K48)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

MotoGP ntb KEK Mandalika ITDC
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top