Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendapatan Jasamarga Bali Tol Anjlok 70 Persen

Pandemi Covid-19 membuat volume lalu lintas turun menjadi rata-rata 9.000 sampai 12.000 kendaraan per hari.
Jalan tol Bali Mandara/Antara/Fikri Yusuf
Jalan tol Bali Mandara/Antara/Fikri Yusuf

Bisnis.com, DENPASAR - Pendapatan Jasamarga Bali Tol anjlok 70 persen selama 2020 seiring dengan penurunan volume lalu lintas akibat pandemi Covid-19.

Sebelum pandemi Covid-19, arus lalu lintas yang melintas di Jalan Tol Bali Mandara mencapai 40.000 sampai 45.000 kendaraan per hari. Pandemi Covid-19 membuat volume lalu lintas turun menjadi rata-rata 9.000 sampai 12.000 kendaraan per hari.

Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol I Ketut Adiputra Karang mengatakan, penurunan pendapatan tersebut juga diikuti beban operasional yang besar dan kewajiban membayar bunga ke pihak perbankan. Perusahaan pun melakukan efisiensi berupa pengoperasian gardu tol sesuai dengan lalu lintas harian yang dilayani.

Jasamarga Bali Tol juga memangkas biaya perjalanan dinas dan menerapkan green toll road seperti membangun solarcell.

"Saat ini dari pengembangan usaha, kami sedang melakukan upaya untuk dapat meningkatkan pendapatan usaha di bidang iklan, untuk solarcell sendiri kami melakukan kerja sama dengan PT Bukit Asam dan saat ini prosesnya sedang dilakukan studi uji kelayakan bisnis oleh LAPI ITB," katanya kepada Bisnis lewat jawaban tertulis, Senin (8/2/2020) malam.

Walaupun terjadi penurunan volume lalu lintas secara signifikan, lanjutnya, aspek kenyamanan, keamanan dan kelancaran Jalan Tol Bali Mandara dipastikan tetap sesuai dengan standar pelayanan minimal (SPM) yang ditetapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan berlaku diseluruh Jalan Tol di Indonesia.

Seluruh sumber daya operasional seperti mobile customer service, patroli jalan raya (PJR), ambulance, rescue, dan derek tetap disiagakan 24 jam. Jasamarga Bali Tol juga tetap melakukan pemantauan kondisi terkini melalui 50 CCTV, Rambu Informasi Elektronik, dan Anemometer atau alat pengukur Kecepatan angin.

“Seluruh Karyawan di PT Jasamarga Bali Tol setiap satu bulan sekali mengadakan uji swab berbasis antigen, pemberian vitamin pelengkap untuk menjaga daya tahan tubuh, penggunaan masker dan hand sanitizer serta meminimalkan interaksi secara langsung dengan pengguna jalan tol," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper