Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bali Kembangkan 30 Hektare Tanaman Sorgum di Lahan Marginal

Pada 2020 lalu pihaknya telah mengembangkan 25 Ha tanaman sorgum di Kabupaten Buleleng dengan hasil 3 ton/Ha.
Luh Putu Sugiari
Luh Putu Sugiari - Bisnis.com 18 Januari 2021  |  10:04 WIB
Sorghum. - Reuters
Sorghum. - Reuters

Bisnis.com, DENPASAR - Pemprov Bali berencana mengembangkan tanaman sorgum di lahan 30 hektare dengan potensi hasil yang diperoleh sekitar 3 - 6 ton atau senilai Rp18 juta - Rp36 juta per hektare.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali I Wayan Sunarta mengatakan pada 2020 lalu pihaknya telah mengembangkan 25 Ha tanaman sorgum di Kabupaten Buleleng dengan hasil 3 ton/Ha. Namun menurutnya jumlah ini akan terus meningkat hingga maksimal memperoleh hasil 6 ton/Ha.

"Kemarin kan baru tahap panen pertama jadi hasilnya masih 3 ton/Ha, nanti bisa dapat 6 ton/Ha dengan harga biji sorgum Rp6 ribu/Kg," tuturnya saat dihubungi Bisnis, Senin (18/1/2021).

Sunarta mengungkapkan pengembangan tanaman sorgum ini difokuskan pada lahan marginal atau lahan yang memiliki ketersediaan air dan unsur hara yang rendah seperti beberapa lahan yang berada di Kabupaten Buleleng, Jembrana, hingga Karangasem.

Selain melakukan proses budidaya, kelompok industri pengolahan juga tengah disiapkan untuk membuat gula dari batang sorgum, dan wine, bolu, serta keripik gipang dari biji sorgum.

"Kami sedang merancang proses hilirisasinya, karena kami tidak akan menjual biji sorgum saja, melainkan produk pangan olahannya juga," tambahnya.

Meski terbilang baru, pengembangan tanaman sorgum di Pulau Dewata telah dilirik oleh beberapa investor, baik yang akan ikut dalam proses budi daya, industri benih, atau pasca panen.

"Sorgum memiliki banyak manfaat khususnya bagi kesehatan karena tinggi serat dan rendah gula, budi dayanya juga lebih mudah dari porang. Sehingga banyak investor yang telah melirik usaha ini," kata Sunarta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali pertanian sorgum
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top