Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Indonesia Bali Hadirkan BI Corner di STAHN Mpu Kuturan Buleleng

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali menghadirkan BI Corner di STAHN Mpu Kuturan Kabupaten Buleleng sebagai bentuk dukungan pemberdayaan masyarakat melalui penguatan edukasi di bidang ekonomi.
BI Corner di STAHN Mpu Kuturan Kabupaten Buleleng/Bisnis-Luh Putu Sugiari
BI Corner di STAHN Mpu Kuturan Kabupaten Buleleng/Bisnis-Luh Putu Sugiari

Bisnis.com, DENPASAR - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali menghadirkan BI Corner di STAHN Mpu Kuturan Kabupaten Buleleng sebagai bentuk dukungan pemberdayaan masyarakat melalui penguatan edukasi di bidang ekonomi.

Kepala KPw BI Bali Trisno Nugroho mengatakan dengan hadirnya BI Corner di Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan diharapkan mampu menumbuhkan minat baca dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kebanksentralan, serta peran dan kebijakan yang dikeluarkan Bank Indonesia melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi.

"BI Corner ini diinisiasi melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dengan salah satu temanya yakni Indonesia Cerdas," tuturnya dalam acara acara Peresmian BI Corner dan Penyerahan PSBI Pendidikan Singaraja, Kamis, (10/12/2020).

Menurut Trisno, dengan adanya BI Corner sekaligus dapat mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan melalui penyediaan koleksi buku berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris.

Selain itu, untuk menarik minat masyarakat, BI Corner atau Pojok Baca ini juga memiliki desain dan fasilitas memadai yang dilengkapi dengan satu buah PC berisi materi edukasi mengenai kebanksentralan, presentasi kajian ekonomi, dan hasil survei serta kebijakan BI terbaru yang akan terus diperbaharui secara rutin.

"BI Corner telah hadir di sejumlah perguruan tinggi, sekolah menengah, perpustakaan dinas, fasilitas strategis dan PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia sejak 2015," tambahnya.

Hingga 2020, lanjutnya, KPw BI Bali telah membangun 16 BI Corner, termasuk yang berada di STAHN Mpu Kuturan, serta terdapat enam Pojok Baca dan Dongeng PAUD.

Ketua STAHN Mpu Kuturan I Gede Suwindia menuturkan sekolah ini telah memiliki jejaring dalam konteks pengembagan akademik, termasuk para alumninya yang bergerak dalam sektor perbankan dan wirausaha. Sehingga pengetahuan mengenai bidang ilmu makro ekonomi juga sangat dibutuhkan, khususnya dari buku-buku yang berada di BI Corner.

"Tentu pada kesempatan ini kami sangat berterima kasih untuk semua stakeholder agar dapat bersinergi kedepannya," jelasnya.

Anggota DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya turut berpesan agar BI Corner dapat dipergunakan dengan baik, sehingga buku yang ada tidak hanya digunakan sebagai pajangan, namun juga dapat mengambil ilmu yang ada di dalam buku tersebut.

Dia juga berharap nantinya BI Corner bisa berada di seluruh perguruan tinggi di Pulau Dewata, sehingga ilmu mengenai ekonomi makro dapat lebih dalam untuk diketahui oleh para pelajar.

"Jika hanya belajar ekonomi makro di kampus waktunya sangat singkat, sehingga itulah pentingnya membaca buku di BI Corner agar ilmu yang didapat lebih mendalam," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Luh Putu Sugiari
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper