Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KPU Bali Targetkan Partisipasi Pemilih 85 Persen pada Pilkada 2020

Meski dalam situasi pandemi Covid-19, KPU optimistis partisipasi pemilih pada Pilkada yang akan diselenggarakan 9 Desember 2020 di enam Kabupaten/kota di Pulau Dewata tetap tinggi.
Luh Putu Sugiari
Luh Putu Sugiari - Bisnis.com 08 Desember 2020  |  19:46 WIB
KPU Bali Targetkan Partisipasi Pemilih 85 Persen pada Pilkada 2020
Petugas KPPS yang menggunakan pakaian hazmat dan alat pelindung diri mendampingi pemilih yang tiba-tiba sakit saat simulasi Pilwali Kota Denpasar di Desa Serangan, Denpasar, Bali, Sabtu (21/11/2020). - Antara/Nyoman Hendra Wibowo.
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali menargetkan partisipasi pemilih dapat mencapai 85 persen dari total 1,9 juta orang yang terdaftar.

Ketua KPU Bali I Dewa Agung Lidartawan mengatakan meski dalam situasi pandemi Covid-19, pihaknya optimis partisipasi pemilih pada Pilkada yang akan diselenggarakan 9 Desember 2020 di enam Kabupaten/kota di Pulau Dewata tetap tinggi.

"Kami sudah berusaha secara maksimal menerapkan protokol kesehatan, khusus di TPS kami pastikan tidak ada penyebaran Covid-19," katanya, Selasa (8/12/2020).

Adapun penerapan prokes dapat dilihat mulai dari penyelenggara pemilu yakni petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang telah melakukan rapid test, dan semua anggota KPU juga telah menjalani swab test. Kemudian di TPS penerapan protokol kesehatan turut diperketat dengan 3M.

"Bagi masyarakat maupun petugas, kami pantau terus mengenai penerapan 3M, seperti penggunaan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," jelasnya

Selanjutnya, pada Pilkada 2020 ini penggunaan tinta celup juga akan digantikan dengan tinta tetes. Agar dapat menghindari sentuhan dengan orang lain melalui suatu media atau benda. Sedangkan, bagi saksi yang ikut dalam pemilu akan di cek suhu tubuhnya, jika menunjukan gejala panas pada suhu 37,2 Celcius maka digantikan dengan petugas yang lainnya.

"Tidak ada orang sakit di TPS, minimal panas badannya tinggi akan langsung memilih di bilik yang berada di luar TPS," tambahnya

Selain itu, dia yakin tingginya partisipasi pemilih juga akan didukung dengan penetapan hari libur saat hari pencoblosan. "Kami optimistis angka partisipasi akan di atas target KPU RI sebanyak 77,5 persen," kata Lidartawan.

Pelaksanaan Pilkada di enam Kabupaten/kota ini dilaksanakan di Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Tabanan, Bangli, Karangasem dan Jembrana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali pilkada bali Pilkada 2020
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top