Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Erupsi Gunung Ile Lewotolok, Ratusan Warga Belum Bisa Dievakuasi

Ratusan warga belum bisa dievakuasi termasuk yang beralasan sudah tua atau menjaga peninggalan adat dan harta benda mereka.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 November 2020  |  13:35 WIB
Seorang ibu tampak menggendong anaknya sambil berlari menyusul erupsi Gunung Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, Provinsi NTT, Minggu, (29/11/2020)./Antara - HO/Pemkab Lembata
Seorang ibu tampak menggendong anaknya sambil berlari menyusul erupsi Gunung Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, Provinsi NTT, Minggu, (29/11/2020)./Antara - HO/Pemkab Lembata

Bisnis.com, KUPANG - Evakuasi terhadap warga di sekitar kawasan Gunung Ile Lewotolok belum selesai semuanya.

Selain warga yang sudah melakukan evakuasi mandiri, masih ada ratusan warga yang belum mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Ratusan penduduk itu bermukim di kawasan sekitar Gunung Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Masih banyak sekali warga yang memilih bertahan di kampung halaman mereka dengan alasan sudah tua,"  kata Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday yang dikonfirmasi Antara dari Kupang, Senin (30/11/2020).

Thomas menyebutkan pemerintah setempat berupaya untuk menyelamatkan penduduk di sekitar kawasan Gunung Ile Lewotolok yang mengalami erupsi sejak Jumat (27/11/2020).

"Pemerintah sudah mengambil langkah evakuasi, tetapi masih banyak yang bertahan di kampung dengan alasan sudah tua, menjaga barang adat, hewan piaraan dan sebagainya," tambah Thomas.

Menurut dia, ada 14 desa di Kecamatan Ile Ape dan Kecamatan Ile Ape Timur yang terkena dampak erupsi dari gunung berupa abu dan kerikil.

Mengenai pengungsi, dia mengatakan, saat ini lebih dari 4.000 orang telah meninggalkan desa mereka dan mengungsi ke daerah-daerah aman.

Mereka tidak saja menempati posko yang disiapkan pemerintah tetapi juga rumah-rumah penduduk.

"Saya baru selesai mengunjungi sembilan titik, dengan jumlah mereka berkisar 27 - 55 orang," katanya.

Sementara jumlah yang menempati pos utama di Nubatukan sampai pagi ini berjumlah 3.474 orang, ujar Thomas Ola Langoday.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ntt kabupaten lembata erupsi

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top