Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pertamina Gencarkan Program Langit Biru di 9 Kabupaten Kota di Bali

PT Pertamina (Persero) mengajak 9 kabupaten dan kota di seluruh Bali mewujudkan Program Langit Biru atau PLB untuk mendukung Pergub Bali No.45/2019 tentang Bali Energi Bersih.
Ni Putu Sri Widyastini Susila
Ni Putu Sri Widyastini Susila - Bisnis.com 14 November 2020  |  09:26 WIB
Pembelian pertalite harga premium di Program langit biru. bisnis - istimewa
Pembelian pertalite harga premium di Program langit biru. bisnis - istimewa

Bisnis.com, DENPASAR—PT Pertamina (Persero) mengajak 9 kabupaten dan kota di seluruh Bali mewujudkan Program Langit Biru atau PLB untuk mendukung Pergub Bali No.45/2019 tentang Bali Energi Bersih.

Program Langit Biru bertujuan untuk mengajak masyarakat lebih bijak dalam memilih Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk mewujudkan lingkungan yang sehat dan lestari. Pada Juli lalu, Kota Denpasar menjadi daerah pertama di Blai yang memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk merasakan pengalaman menggunakan BBM yang berkualitas sekaligus membantu mengurangi emisi gas buang dengan pilihan BBM yang lebih ramah lingkungan.

Section Head Communication & Relation Pertamina Marketing Region Jatimbalinus, Ahad Rahedi menyampaikan, animo masyarakat yang positif dan dukungan pemerintah daerah bagi PLB sebagai salah satu bentuk upaya menyehatkan kembali lingkungan dan menyuarakan kesiapan Bali untuk menjadi daya tarik pariwisata yang ramah lingkungan di mata dunia.

“Dukungan dan animo masyarakat melalui program ini meningkatkan rata-rata indeks kualitas udara di Kota Denpasar dari sebelum dimulai program ini sebesar 67 menjadi 55 pada sepekan terakhir kemarin, sebagai informasi semakin kecil angka indeks, kualitas udara semakin baik,” ujarnya Jumat (13/11/2020).

Program Langit Biru sudah dilakukan di Kabupaten Gianyar. Pada awal Bulan November (7-8/11) yang lalu kabupaten lain turut serta berperan dalam melestarikan lingkungan, yakni Kabupaten Buleleng, Jembrana, Karangasem dan Jembrana.  Adapun tiga kabupaten lain yakni Badung, Klungkung dan Bangli secara bergilir telah menerapkan juga. Dalam program ini, Pertamina memberikan promo khusus pembelian Pertalite seharga Premium yaitu Rp6.450 per liter.

Promo ini berlaku selama 2 bulan dan dilaksanakan di 27 SPBU bertanda khusus promo PLB, di ketiga wilayah tersebut. PLB berlaku untuk konsumen kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, angkutan umum kota (angkot), serta taksi plat kuning.

"Selain kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, Pertamina juga menyasar angkot dan taksi plat kuning  yang merupakan transportasi publik, sehingga diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan beralih ke bahan bakar berkualitas. Selain itu dengan harga khusus, kami mengajak pengendara ini  mendapatkan customer experience, bahwa dengan BBM berkualitas mesin kendaraannya lebih awet dan bertenaga," ujar Ahad.

Ahad menambahkan, meski menggelar promo, Pertamina memastikan premium tetap ada di beberapa SPBU di setiap wilayah.

"BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan (Research Octane Number atau disingkat RON) tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi. Selain itu, BBM yang lebih berkualitas akan berdampak positif terhadap performa kendaraan serta lebih irit konsumsi BBM karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna, Pertamina memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk merasakan produk BBM berkualitas yakni Pertalite dengan RON 90, Pertamax RON 92 dan Pertamax Turbo RON 98,"  tuturnya.

Program Jelajah Wisata KemBali ini didukung oleh, Kemenparekraf, BPD Bali, Astra Isuzu, Pegadaian Kantor Wilayah VII Denpasar, BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Banuspa, Pertamina Region Jatimbalinus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina bali Program Langit Biru
Editor : Feri Kristianto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top