Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transaksi Nontunai di SPBU Pertamina Jatim-Balinusra Naik 62 Persen

Selama bulan September 2020, Pertamina mencatat rata-rata transaksi harian di Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT (Jatim-Balinusra) sebanyak 8.900 transaksi per harinya.
Transaksi di SPBU Pertamina Bali./Bisnis-Ni Putu Sri Widyastini Susila
Transaksi di SPBU Pertamina Bali./Bisnis-Ni Putu Sri Widyastini Susila

Bisnis.com, DENPASAR - Selama bulan September 2020, Pertamina mencatat rata-rata transaksi harian di Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT (Jatim-Balinusra) sebanyak 8.900 transaksi per harinya.

Rustam Aji, Unit Manager Communication & CSR MOR V Jatimbalinus, menyampaikan bahwa jumlah transaksi cashless naik sebesar 62% dibandingkan rata-rata tiga minggu sebelumnya.

“Melihat bulan September kemarin, setiap minggu pengguna MyPertamina untuk melakukan transaksi terus bertambah setiap minggunya. Dimana pada minggu ke-4 September tercatat jumlah transaksi sebanyak 376.366, di mana sebelumnya sebesar 231.320 transaksi,” ujarnya Rabu, (14/10/2020).

Dia menyampaikan bahwa transaksi nontunai dengan aplikasi My Pertamina juga dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNTT) yang dicanangkan Bank Indonesia sebagai pemegang kebijakan moneter.

“Karena pembayaran secara non-tunai atau biasa disebut cashless terbukti sebagai metode transaksi keuangan yang praktis, aman, dan efisien,” lanjutnya.

Pandemi Covid-19 menuntut masyarakat untuk bertransaksi secara lebih cermat. Seperti yang diketahui, penggunaan benda-benda yang disentuh oleh banyak orang, termasuk uang tunai baik kertas ataupun logam sebaiknya terus dikurangi penggunaannya semasa pandemi dikarenakan virus ini bisa saja berpindah dari tangan satu orang ke orang lain melalui uang tunai.

“Selain itu, semenjak diberlakukannya Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), Pertamina telah melakukan protokol pencegahan COVID-19 di seluruh lini bisnis Perusahaan, salah satunya dengan menerapkan pemberlakuan transaksi non-tunai di SPBU sebagai tempat pelanggan setia produk Pertamina dalam transaksi BBM,” ujarnya.

PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus mencatat 1171 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Provinsi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT) dapat melayani pembayaran nontunai melalui aplikasi MyPertamina. Di Bali sendiri, terdapat 189 SPBU yang dapat melayani pembayaran non-tunai melalui aplikasi MyPertamina.

Rustam mengatakan, konsumen dapat lebih hemat Rp250 per liter untuk setiap transaksi pembelian BBM jenis Pertamax sebagai bentuk apresiasi Pertamina pada pelanggan setia pengguna aplikasi ini.

“Promo berlaku di SPBU Pertamina yang sudah terkoneksi dengan aplikasi MyPertamina di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler