Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Padat Karya Restorasi Terumbu Karang Sasar Lima Titik di Bali

Ada skema padat karya dan bantuan sarana wisata bahari untuk menunjang taman atau kebun karang sebagai atraksi paiwisata bawah laut.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 12 Oktober 2020  |  07:34 WIB
Keindahan alam bawah laut di Pulau Menjangan Bali masih menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Bali. - Ilustrasi/Istimewa
Keindahan alam bawah laut di Pulau Menjangan Bali masih menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Bali. - Ilustrasi/Istimewa

Bisnis.com, BADUNG - Program Indonesia Coral Reef Garden (ICRG) merupakan program padat karya restorasi terumbu karang dengan melakukan restorasi eksosistem terumbu karang dan menyasar lima lokasi perairan di Provinsi Bali, yaitu Nusa Dua, Serangan, Sanur, Pantai Pandawa dan Buleleng.

"Program ICRG yang akan dibangun dengan melibatkan kurang lebih 11 ribu pekerja diharapkan dapat menjadi daya ungkit kondisi ekonomi masyarakat pesisir, juga para pelaku usaha dimasa pandemi COVID-19 dan secara bersamaan akan memulihkan lingkungan ekosistem terumbu karang," kata Plt Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, TB Haeru Rahayu dalam keterangan persnya di Denpasar, Minggu (11/10/2020) malam.

Ia menjelaskan bahwa Program ICRG dilakukan denganskema padat karya dan bantuan sarana wisata bahari untuk menunjang taman atau kebun karang sebagai atraksi paiwisata bawah laut. Untuk itu, diharapkan semua pihak ikut mengawasi pekerjaan tersebut, baik itu pengawas internal dan eksternal.

“Semua mendukung untuk dapat mengerjakan pekerjaan ICRG dengan baik, mensupport program PEN untuk masyarakat guna mengatasi Covid-19. Ini juga menjadi kepentingan kita semua sehingga akan menghasilkan manfaat yang baik secara ekonomi bagi masyarakat dan ekologi bagi lingkungan pesisir laut di provinsi ini," ucapnya.

Setelah diresmikan pada 7 Oktober 2020, bersama dengan Menteri Kelautan dan Perikanan serta Gubernur Bali, lalu Tim Perencana yang terdiri dari peneliti dari LIPI, BRSDMKP dan akademisi dari beberapa universitas di Provinsi Bali mengumumkan hasil sementara survei bersama.

Untuk perencanaan program ICRG telah dilakukan dengan survei lapangan pada (7/10). Kemudian, survei dan rekomendasi direncanakan selesai pada tanggal 14 Oktober 2020.

Rekomendasi hasil survei akan dijadikan acuan tidak hanya untuk mendapatkan potensi lokasi kesesuaian habitat dan sea-scaping penempatan model transplantasi karang, tetapi merupakan acuan untuk pelaksanaan pekerjaan swakelola berikutnya bersama organisasi masyarakat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali terumbu karang

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top