Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Manggarai Barat Tetapkan Status Darurat Bencana

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat menetapkan status darurat bencana menyusul kejadian bencana banjir, tanah longsor, dan angin kencang yang melanda tiga kecamatan di ujung barat pulau Flores itu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Januari 2020  |  13:58 WIB
Rumah warga di Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, rusak tertimpa tanah longsor pada 6 Januari 2020. - Antara
Rumah warga di Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, rusak tertimpa tanah longsor pada 6 Januari 2020. - Antara

Bisnis.com, KUPANG - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat menetapkan status darurat bencana menyusul kejadian bencana banjir, tanah longsor, dan angin kencang yang melanda tiga kecamatan di ujung barat pulau Flores itu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Barat Dominikus Hawan mengatakan bahwa penetapan status darurat bencana sejak Kamis (9/1) dilakukan karena bencana yang terjadi telah menimbulkan banyak kerusakan bangunan rumah, fasilitas umum, dan sarana transportasi.

Ia mengatakan, cuaca ekstrem yang meliputi Kabupaten Manggarai Barat sejak awal Januari 2020 telah menyebabkan banjir dan tanah longsor yang mengakibatkan kerusakan rumah-rumah penduduk, jalur transportasi ke beberapa kecamatan, dan lahan pertanian di Kecamatan Kuwus, Ndoso, dan Kuwus Barat.

"Tiga kecamatan itu yang terdampak bencana alam yang sangat berat. Banyak rumah penduduk yang rusak akibat terjangan angin kencang dan tertimpa longsoran serta banjir dan lahan perkebunan warga juga terendam banjir," katanya, Jumat (10/1/2020).

Dominikus Hawan menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat menetapkan status darurat bencana untuk mempercepat upaya penanganan korban bencana dan rehabilitasi fasilitas umum yang terdampak bencana.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kupang

Sumber : Antara

Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top