Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rencana Pinjaman Daerah Pemprov NTT Rp900 Miliar Disetujui

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyetujui rencana Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mengajukan pinjaman daerah sebesar Rp900 miliar ke Bank NTT.
Bank NTT./wikimapia
Bank NTT./wikimapia

Bisnis.com, KUPANG - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyetujui rencana Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mengajukan pinjaman daerah sebesar Rp900 miliar ke Bank NTT, sepanjang telah memenuhi aturan sesuai PP 56 Tahun 2018 tentang Pinjaman Daerah.

"Pemprov NTT diminta untuk segera melengkapi semua dokumen sesuai PP 56 Tahun 2018 apabila ingin mendapatkan pinjaman daerah dari Bank NTT. Kemendagri minta agar pengajuan pinjaman daerah itu harus sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Ketua DPRD NTT Emilia Nomleni kepada wartawan di Kupang, Selasa (17/12/2019).

Emi Nomleni mengatakan hal itu terkait hasil asistensi APBD NTT tahun 2020 yang telah berlangsung di Kemendagri.

Pemprov NTT, kata dia, mengajukan pinjaman daerah ke Bank NTT sebesar Rp900 miliar melalui dua tahap, masing-masing Rp450 miliar untuk membiayai pembangunan infrastruktur jalan provinsi di 22 kabupaten/kota di provinsi berbasis kepulauan ini.

Ia mengatakan, Kemendagri telah memberikan beberapa catatan tehadap rencana pengajuan pinjaman daerah ke Bank NTT dan harus dipenuhi Pemprov NTT.

Menurut Emilia Nomleni, apabila semua dokumen yang ditentukan dalam PP 56 Tahun 2018 telah terpenuhi, maka rencana Pemprov NTT untuk mendapat pinjaman daerah sebesar Rp900 miliar akan dibahas lagi di Kementerian Keuangan.

"Kendati sudah disetujui Kemendagri, tetapi akan dibahas lagi di Kementerian Keuangan untuk dikaji secara mendalam dari aspek regulasi keuangan daerah dan aturan perbankan," kata Emilia Nomleni.

Dia mengatakan, DPRD NTT akan terus mengawal segala proses yang dilakukan pemerintah dalam mendapatkan pinjaman daerah di bank milik Pemprov NTT tersebut.

"Pengawalan dilakukan DPRD untuk memastikan dana pinjaman daerah itu memiliki manfaat bagi pembangunan daerah ini dengan tersedia infrastruktur jalan yang memadai di NTT," katanya pula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper