Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kagama Gelar Munas di Bali, Titipkan Roadmap Pembangunan SDM kepada Jokowi

Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) menggelar Munas di Bali pada 14-17 November 2019. Kagama akan memberikan sumbangsih bagi bangsa dengan menitipkan roadmap pembangunan sumber daya manusia atau SDM kepada Presiden Joko Widodo.
Busrah Hisam Ardans
Busrah Hisam Ardans - Bisnis.com 14 November 2019  |  16:35 WIB

Bisnis.com, DENPASAR - Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) menggelar Munas di Bali pada 14-17 November 2019. Kagama akan memberikan sumbangsih bagi bangsa dengan menitipkan roadmap pembangunan sumber daya manusia atau SDM kepada Presiden Joko Widodo.

Sekjen PP Kagama Anak Agung Gede Ngurah Ari Dwipayana mengatakan Indonesia memiliki modal penting yaitu kekuatan manusianya. Karena pertimbangan itulah, pada Munas tahun ini Kagama mengangkat tema Kagama Bersinergi Untuk Indonesia Maju.

"Kita pernah terlena dan terlalu berkonsentrasi pada sumber daya alam. Sebagaimana diketahui sumber daya alam pasti akan habis dan terbatas. Artinya kita harus berpaling pada sumber daya manusia. Itulah sebabnya Kagama dalam Munas kali ini dan seluruh rangkaian Munas mengambil topik penguatan sumber daya manusia," ujarnya saat pertemuan dengan media di Sanur, Kamis (14/11/2019).

Ari menjelaskan dalam empat kali seminar sebelumnya yang diselenggarakan di Semarang, Manado, Balikpapan dan Medan mengangkat tema penguatan SDM. Seminar pertama membahas reformasi pendidikan, kedua seputar angkatan kerja, ketiga reformasi kesehatan dan keempat mengenai enterpreneurship.

“Ketika banyak orang membicarakan sumber daya manusia, apakah memiliki roadmap tersebut? Dari empat seminar sebelumnya dan puncaknya di Bali ini menjadi rumusan Kagama dalam peta jalan pembangunan SDM," jelas dia.

Seminar pada munas kali ini, kata Ari, akan menjadi sumbangan pemikiran untuk Indonesia, apalagi yang dikonsentrasikan oleh presiden pada periode kedua yakni pembangunan sumber daya manusia," ujarnya.

Disinggung mengenai kedatangan Presiden dalam membuka Munas dirinya belum bisa memastikan.

"Kesibukan pak Jokowi luar biasa. Apalagi baru beberapa waktu lalu mengumpulkan jajaran pejabat pemerintah untuk penyatuan visi dan misi bersama. Tentu kita berharap beliau berkenan hadir, namun jika tidak kita menyadari kesibukan beliau," kata dia.

Sementara itu, Ketua Kagama Bali Gede Oka Wisnumurti menuturkan kesiapan Munas XIII Kagama telah siap dan saat ini mulai berdatangan para anggota dan simpatisan Kagama.

"621 orang telah hadir sebagai mandat. Mereka terdiri atas perwakilan dari berbagai perwakilan dan pemantau.

Masih ada lagi yang lainnya seperti pendukung dan simpatisan Kagama," tuturnya.

Bali sendiri terpilih secara aklamasi sebagai tuan rumah Munas XIII Kagama. Dan pembukaan besok, Jumat (15/11/2019) dijadwalkan pukul 14.00 WITA.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kagama bali
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top