Pelindo III Kucurkan Bantuan Modal 13 UKM di Bali

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mengucurkan pinjaman lunak untuk menambah modal 13 usaha kecil dan menengah (UKM) di Kabupaten Badung, Bali.
Ema Sukarelawanto
Ema Sukarelawanto - Bisnis.com 28 Juni 2019  |  17:05 WIB
Pelindo III Kucurkan Bantuan Modal 13 UKM di Bali
Penumpang turun dari Kapal Pelni KM Labobar saat tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/6/2018). - ANTARA/Moch Asim

Bisnis.com, DENPASAR--PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mengucurkan pinjaman lunak untuk menambah modal 13 usaha kecil dan menengah (UKM) di Kabupaten Badung, Bali.

CEO Pelindo III Regional Banyuwangi, Bali dan Nusa Tenggara I Wayan Eka Saputra mengatakan dana tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) itu merupakan bagian dari Program Kemitraan yang rutin disalurkan BUMN operator terminal pelabuhan tersebut.

“Dana kemitraan ini berupa pinjaman lunak modal kerja untuk 13 industri rumah tangga yang bergerak pada sektor jasa, perdagangan, dan perikanan yang berada di wilayah Kabupaten Badung,” katanya, dikutip dari rilis Jumat (28/6/2019).

Menurut Eka dana sebesar Rp 1,06 miliar yang disalurkan tersebut bukan hanya untuk mengakselerasi perekonomian daerah dengan mendorong efisiensi logistik, tetapi juga dapat memberi manfaat langsung bagi masyarakat.

Sebelum diputuskan sebagai penerima dana, para UKM mitra binaan diharuskan mengikuti seleksi di Kantor Pelindo III Benoa. Hal ini dimaksudkan agar tepat sasaran dengan diperolehnya mitra-mitra terbaik yang berhak atas dana tersebut. 

Ia menyebut untuk tahap pertama adalah pengajuan proposal, yang dilanjutkan pada tahap seleksi dan survei lalu diusulkan di kantor pusat untuk kemudian diputuskan.

Selama hingga Juni 2019, Pelindo III sudah mengucurkan dana untuk Program Kemitraan sebesar Rp 1,06 M dan Program Bina Lingkungan sebesar Rp 766 juta.

Dana kemitraan tersebut merupakan bentuk bantuan yang pinjamannya sangat ringan. Para mitra yang terpilih hanya diwajibkan membayar pokok dan bunga sebesar 3% per tahunnya.

Eka menambahkan seluruh mitra binaan Pelindo III akan diikutsertakan dalam pelatihan kewirausahaan untuk memahami prinsip-prinsip berwirausaha sekaligus manajemen keuangan untuk UKM.

Terbangunnya konsistensi dan kemauan keras untuk membangun sebuah usaha sangat penting untuk memajukan usaha itu sendiri.

Karena ketika suatu usaha dikatakan berhasil, dampak positifnya akan mempengaruhi kemajuan perekonomian di Indonesia, terutama dalam banyaknya lapangan kerja baru yang dapat tercipta.

“Para mitra diharapkan dapat mencapai tujuannya dalam membentuk dan mengembangkan wirausaha yang baik dengan segala potensinya,” tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bali, pelindo iii, ukm

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top