PTPN III Gandeng Pegadaian & Garuda Pasarkan Produk Unggulan

PT Perkebunan Nusantara III (Persero) menjalin kerja sama dengan PT Pegadaian (Persero) dan PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) untuk memasarkan produk unggulan dari kebun terbaik di negeri ini.
Ema Sukarelawanto
Ema Sukarelawanto - Bisnis.com 20 Mei 2019  |  17:47 WIB
PTPN III Gandeng Pegadaian & Garuda Pasarkan Produk Unggulan
Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Dolly P. Pulungan (kiri ke kanan), Direktur Pemasaran PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Kadek K Laksana dan Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra seusai penandatanaganan nota kesepahaman di atas ketinggian 3.600 kaki menggunakan pesawat Airbus A330-200 Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 404 Jakarta-Denpasar, Senin (20/5 - 2019).

Bisnis.com, DENPASAR--PT Perkebunan Nusantara III (Persero) menjalin kerja sama dengan PT Pegadaian (Persero) dan PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) untuk memasarkan produk unggulan dari kebun terbaik di negeri ini.

Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III Dolly P Pulungan mengatakan kerja sama ini juga meliputi sinergi layanan serta pengembangan jaringan bersama untuk jasa dan produk unggulan. 

“Sinergi antar-BUMN ini untuk mengoptimalkan pemasaran produk unggulan PTPN melalui jaringan pemasaran kedua perusahaan BUMN tersebut,” katanya seusai penandatanganan nita kesepahaman, Senin (20/5/2019).

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan antara Dirut PTPN III dengan Direktur Utama PT Pegadaian Kuswiyoto dan Direktur Utama PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara di atas ketinggian 3.600 kaki menggunakan pesawat Airbus A330-200 Garuda Indonesia dengan nomer penerbangan GA 404 tujuan Jakarta-Denpasar.

Menurut Dolly kerja sama ini bakal meningkatkan kemudahan dan efektivitas dalam pengembangan bisnis perseroan yang telah direncanakan ke depan.

Dolly  mengatakan produk ritel “Walini” yang meliputi komoditas unggulan berupa kopi, gula, teh dan minyak goreng dapat dipasarkan dan dipromosikan ke outlet-outlet Pegadaian terutama di The Gade seluruh Indonesia. 

Selain itu, pengadaan produk promosi Pegadaian dalam pemberian hadiah atau gift kepada customer bisa menggunakan produk Walini.

Sebaliknya, semua karyawan Grup PTPN akan mudah mendapatkan tabungan emas Pegadaian karena produk tersebut akan tersedia di kantor Grup PTPN seluruh Indonesia.

 “Jadi kerja sama ini sangat memberi manfaat dan saling mendukung kegiatan bisnis dan pemasaran kedua perusahaan BUMN,” jelasnya.

Sedangkan kerja sama dengan Garuda, kedua perusahaan  memperkuat program loyalty, pelatihan, dan pengembangan sumber daya manusia serta membantu promosi pemasaran dalam event masing-masing perusahaan. 

Dolly menambahkan dalam kesepakatan kerja sama ini, pihak Garuda bisa membantu penjualan produk unggulan PTPN kepada konsumennya serta layanan logistik berupa kargo darat dan udara.

Sedangkan PTPN akan membantu penjualan tiket pesawat Garuda serta produk-produk tambahan lainnya milik Garuda.  

Menurutnya, kesepakatan bersama ini merupakan wujud nyata Sinergi BUMN yakni perananannya dalam meningkatkan nilai lebih perusahaan dan memberi keuntungan bersama dalam upaya membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan rakyat dan perekonomian nasional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
garuda indonesia, ptpn iii

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top