Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelaku IKM Bali Ditantang Inovasi Kemasan Produk

Para pelaku industri kecil menengah ditantang untuk melakukan inovasi kemasan produk dengan kreativitas dan fleksibilitas penggunaan.
Ilustrasi/Antara-Rony Muharrman
Ilustrasi/Antara-Rony Muharrman

Bisnis.com, DENPASAR--Para pelaku industri kecil menengah ditantang untuk melakukan inovasi kemasan produk dengan kreativitas dan fleksibilitas penggunaan.

I Komang Angga Putra dari Sekolah Tinggi Desain (STD) Bali mengatakan kemasan memberikan kesan pertama yang dapat menarik konsumen.

 “Jika tidak tepat mendesain dapat berakibat fatal, apalagi jika yang terkait dengan produk makanan atau minuman,” katanya saat pelatihan kemasan kepada pelaku IKM, Selasa (19/3/2019).

Menurut Angga dalam proses merancang kemasan bahan harus disesuaikan dengan sifat dan kebutuhan produk. 

Ia mengingatkan agar desain ergonomis, gampang di bawa ke mana-mana, mudah dibuka dan disimpan.

Dalam pelatihan selama lima hari itu ia memberikan sejumlah contoh kemasan dan merangsang kreativitas peserta untuk menciptakan rancangan kemasan produk yang memiliki ciri khas.

Angga juga menjelaskan filosofi warna, pemilihan logo, penggunaan huruf, tagline, dan atribut lain sangat berpengaruh pada terciptanya suatu kamasan produk yang menarik. 

“Rancangan, bahan material, dan visualisasi agar berbeda dengan yang sudah ada atau memiliki kemasan yang lebih menarik,” ujarnya.

Plt. Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar Ida Bagus Anom Suniem mengatakan kemasan produk dapat mempengaruhi konsumen untuk menentukan pilihan.

Ia berharap para pelaku IKM mendapatkan pemahaman dan kemampuan untuk membuat kemasan yang baik, untuk menambah nilai jual produk yang akan dijual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper