KPU Denpasar Mulai Sortir Surat Suara

Komisi Pemilihan Umum Denpasar mulai menyortir dan melipat surat suara untuk pemilihan presiden dan legislatif April 2019 mendatang.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 26 Februari 2019  |  13:15 WIB
KPU Denpasar Mulai Sortir Surat Suara
Penyortiran surat suara di KPU Bali.

Bisnis.com, DENPASAR – Komisi Pemilihan Umum Denpasar mulai menyortir dan melipat surat suara untuk pemilihan presiden dan legislatif April 2019 mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Denpasar I Wayan Arsa Jaya mengatakan pihaknya telah menerima surat suara pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) DPR RI yang masing-masing sebanyak 473.415 lembar. Surat suara tersebut ditujukan untuk 464.132 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan sebaran 1.737 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sejak melakukan penyortiran pada Selasa (26/2/2019) pagi hingga siang telah ditemukan puluhan surat suara dalam kondisi tidak layak, yakni robek dan tinta buram. KPU Denpasar menarget penyortiran dan pelipatan akan dilakukan hingga empat hari ke depan.

Menurutnya, untuk surat suara yang rusak, akan segera diajukan lagi penambahan dan kegiatan ini dipastikan rampung paling lambat 21 hari sebelum pemilihan berlangsung.

“Kegiatan ini dikerjakan 113 orang muai dari mahasiswa, masyakata umum seperti ibu-ibu PKK, ini juga bagian dari edukasi pemilu ya,” katanya, Selasa (26/2/2019).

Selain menyortir kerusakan, KPU Denpasar juga menanti tambahan surat suara baru. Pasalnya,4 73.415 lembar surat suara yang sudah dikirim tersebut belum memenuhi jumlah seharusnya sebab masih didasarkan DPT. Sementara, berdasarkan perhitungan TPS dan jumlah surat cadangan, maka seharusnya ada 474.099 lembar lagi.

“Kita sudah mengajukan tambahan surat suara, 21 hari sebelum pemilihan sudah harus rampung semua,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bali, Pilpres 2019

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top