Kopi Produk BUMDes Tabanan Tembus 395 Toko Modern

‘Kopi Kita Serasi’ produksi empat badan usaha milik desa di Kecamatan Pupuan yang dikoordinasi Perusahaan Daerah Dharma Santhika Kabupaten Tabanan berhasil masuk distribusi 395 toko modern berjejaring di seluruh Provinsi Bali.
Ema Sukarelawanto
Ema Sukarelawanto - Bisnis.com 14 Januari 2019  |  18:15 WIB
Kopi Produk BUMDes Tabanan Tembus 395 Toko Modern
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti (kiri) menunjukkan kemasan Kopi Kita Serasi.

Bisnis.com, TABANAN—‘Kopi Kita Serasi’ produksi empat badan usaha milik desa di Kecamatan Pupuan yang dikoordinasi Perusahaan Daerah Dharma Santhika Kabupaten Tabanan berhasil masuk distribusi 395 toko modern berjejaring di seluruh Provinsi Bali.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Dharma Santhika (PDDS ) Kabupaten Tabanan I Gede Putu Sugi Darmawan mengatakan untuk tahap awal produk olahan kopi ini telah terdistribusi sebanyak 134 karton dengan jumlah 3.216 kemasan Kopi Kita Serasi ukuran 250 gr.

“Produk ini akan melewati uji coba selama 3 bulan, apakah bisa diterima pasar dan bisa bersaing dengan produk kopi yang telah ada,” katanya, Senin (14/1/2018).

Menurut Darmawan produk Kopi Kita Serasi juga telah tersedia di 180 toko kelontong yang ada di kawasan Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan (Sarbagita). 

Yang membanggakan, kata Darmawan, produk lokal ini dipilih Bank BPD Bali sebagai salah satu item bingkisan Hari Raya Galungan dan Kuningan dua tahun terakhir bagi 1.050 orang karyawan bank ini.

Kata dia keberhasilan produk kopi menembus pasar yang lebih luas ini tak lepas dari kepedulian Pemkab Tabanan untuk memberdayakan produk olahan petani.

Melalui Peraturan Bupati Tabanan No. 12 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Nomor 40 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2016 tentang Penataan Toko Modern diwajibkan untuk bermitra dengan UMKM dan BUMDes.

Kopi Kita Serasi saat ini dipasok 4 BUMDes yakni BUMDes Sri Sedana Munduk Temu, BUMDes Tugu Sari Pajahan, BUMDes Jaya Abadi Kebon Padangan dan BUMDes Batumesari Batungsel.

Produk kopi ini dikemas, dibranding dan didistribusikan oleh Perusahaan Daerah Dharma Santhika (PDDS) Kabupaten Tabanan yang diproduksi dari biji kopi pilihan yang dijamin keasliannya dari kopi robusta yang memiliki rasa khas dan nikmat, serta telah tersertifikasi Indikasi Geografis (IG).

Setiap BUMDes diberikan Standard Operasional Produksi (SOP) oleh Perusahaan Daerah  Dharma Santhika untuk menjamin kualitas, kuantitas, dan kontinuitas produk.

Ia berharap dengan masuknya produk kopi BUMDes ke toko modern bisa menggairahkan produktivitas serta merangsang penghasil kopi lain di Tabanan untuk berinovasi dan menghasilkan produk kopi terbaik. 

Darmawan menjelaskan dari 10 kecamatan di Kabupaten Tabanan merupakan penghasil kopi terbaik dari jenis robusta dan arabica. Masyarakat Tabanan sangat familiar serta ahli mengolah biji kopi menjadi bubuk kopi yang nikmat dan memilikki cita rasa mantap.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tabanan, BUMDes

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Terpopuler

Top