Libur Akhir Tahun, Layanan Data Telkomsel & XL Melonjak di Bali Nusra

Dua operator, Telkomsel dan XL Axiata sama-sama mencatat kenaikan trafik layanan data pada libur Natal dan Tahun Baru cukup tinggi di wilayah Bali-Nusa Tenggara.
Ema Sukarelawanto
Ema Sukarelawanto - Bisnis.com 09 Januari 2019  |  18:30 WIB
Libur Akhir Tahun, Layanan Data Telkomsel & XL Melonjak di Bali Nusra
Teknisi PT XL Axiata Tbk melakukan perawatan jaringan di menara Base Transceiver Station (BTS) - JIBI/Rachman

Bisnis.com, DENPASAR—Dua operator, Telkomsel dan XL Axiata sama-sama mencatat kenaikan trafik layanan data pada libur Natal dan Tahun Baru cukup tinggi di wilayah Bali-Nusa Tenggara.

Corporate Communication XL Axiata East Region Ibnu Syahban mengatakan antusiasme pelanggan merayakan Natal dan Tahun Baru tergambar dari pemakaian layanan data yang signifikan.

“Kenaikan trafik layanan data bisa terjadi karena pelanggan banyak menggunakan aplikasi untuk mengucapkan Natal dan Tahun Baru serta berbagi kegembiraan liburan bersama keluarga dengan mengirim foto maupun video,” katanya, Rabu (9/1/2019).

Menurut Ibnu area yang mengalami kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Buleleng, Bali sebesar 211%. Pada saat Natal, 24-25 Desember 2018, trafik di Kota Kupang yang banyak komunitas Nasrani mengalami kenaikan sebesar 37%.

Kata dia area wisata popular yang mengalami kenaikan trafik yakni Bali 87%, Lombok 80%, dan Labuhan Bajo 165%. 

Ibnu menyebut pada malam Natal, dari jenis layanan, selain pesan instan, layanan lainnya yang mengalami kenaikan penggunaan secara signifikan dibandingkan hari-hari biasa adalah SNS (Social Networking Service) naik 125% dan gaming naik 122%. 

Sementara itu, Telkomsel Bali-Nusra mencatat trafik layanan data atau payload  mencapai 976.46 TB atau meningkat 22.73% dibandingkan rata-rata payload pada hari normal 2018. Jika diibandingkan dengan periode Tahun Baru 2017/2018, trafik layanan data tersebut meningkat 100.61%

Wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah POI Pantai Kuta dengan peningkatan 101.59% dibandingkan hari normal, diikuti POI Tanah Lot(95.49%) dan Pantai Padma (80.34%).

Corporate Communications Telkomsel Bali-Nusra Teni Ginaya mengatakan peningkatan layanan data dipicu penggunaan video streaming  saat pergantian tahun baru. 

“Selain itu, pelanggan juga melakukan aktivitas momen ini melalui berbagai media sosial serta berkomunikasi melalui pesan instan yang mengalami peningkatan pada periode ini,” katanya.

Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari pelanggan yang menyaksikan film atau video secara streaming yang mencapai 8%. Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk aktivitas di media sosial dengan kontribusi sebesar 41%. 

Kata Teni komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 46% terhadap penggunaan layanan data.

Teni menambahkan dibandingkan dengan pada hari normal, trafik layanan suara juga mengalami kenaikan sebesar 0.65% menjadi 1.4 miliar menit, hal yang sama juga terjadi dalam trafik layanan SMS yang mengalami kenaikan 1.21% menjadi 13.42 juta SMS.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang sudah rutin terjadi pada momen pergantian tahun, kedua operator telah melakukan penguatan jaringan di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bali, trafik data

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Terpopuler

Top