Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Karangasem Kembangkan 190 Desa Wisata

Pemkab Karangasem fokus mengembangkan 190 desa wisata dengan megoptimalkan berbagai potensi dan keunggulan daerah setempat untuk menarik kunjungan wisatawan.
Ema Sukarelawanto
Ema Sukarelawanto - Bisnis.com 12 November 2018  |  17:10 WIB
Wisatawan menikmati pemandangan pedesaan sawah berundak (terasering) di Desa Tegallalang, Gianyar, Bali, Senin (1/10/2018). - Antara/Fikri Yusuf
Wisatawan menikmati pemandangan pedesaan sawah berundak (terasering) di Desa Tegallalang, Gianyar, Bali, Senin (1/10/2018). - Antara/Fikri Yusuf

Bisnis.com, DENPASAR — Pemkab Karangasem fokus mengembangkan 190 desa wisata dengan megoptimalkan berbagai potensi dan keunggulan daerah setempat untuk menarik kunjungan wisatawan.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri mengatakan telah menyiapkan sejumlah program pembangunan khususnya sektor pariwisata untuk menggenjot pendapatan asli desa (PAD) masing-masing desa di kabupaten tersebut.

"Kita akan segera mendata melalui kepala desa atau bendesa adat untuk mengirimkan potensi wisata masing-masing daerah,” katanya melalui keterangan resmi, Senin (12/11/2017).

Menurut Sumatri pengembangan potensi wisata di 190 desa adat itu diharapkan bisa memajukan dan menyejahterakan masyarakat desa.

Ia menyebut Karangasem merupakan taksunya Bali, karena adanya Gunung Agung dengan budaya yang dimiliki serta potensi lain yang perlu digali secara bersama-sama.

"Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari masyarakat. Ayo kita kompak gali potensi wisata di masing masing desa menjadikan Karangasem The Spirit of Bali,” katanya ketika mengunjungi kawasan mata air Pangkung dan Bendul, Desa Pesaban, Karangasem.

Ia juga meminta warga desa bersama-sama peduli membangun dan mengembangkan potensi desa.

“Hidup di desa jangan saling iri hati, jangan menjelekkan apalagi saling cetik. Mari bersatu padu, kita harus kompak untuk membangun potensi objek wisata,” ujarnya.

Dia mencontohkan, Desa Besakih yang memiliki destinasi wisata spiritual Pura Besakih kini kian berkembang dengan adanya taman edelweis. Tempat itu semakin viral karena wisatawan yang datang berswafoto dan menyebarluaskannya di media sosial.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

karangasem DESA WISATA
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top