Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Komisi X DPR Minta Jaga Daya Dukung & Kenyamanan Destinasi Wisata

Komisi X DPR RI meminta semua pemangku kepentingan menjaga lingkungan destinasi wisata dan memerhatikan daya dukung yang ada untuk kenyamanan wisatawan.

Bisnis.com, GINAYRA—Komisi X DPR RI meminta semua pemangku kepentingan menjaga lingkungan destinasi wisata dan memerhatikan daya dukung yang ada untuk kenyamanan wisatawan.

Ketua Komisi X DPR RI Djoko Udjianto saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Bali Wayan Koster, Kamis (1/12/2018) malam, juga memuji daya tarik objek wisata Pualau Dewata yang tiada duanya.

“Kekuatan Bali mampu menyedot wisatawan dalam jumlah besar, inipasti memberikan nilai ekonomi tinggi,” kata Djoko Udjianto yang hadir bersama rombongan.

Menurut Djoko tingginya kunjungan ke objek wisata dibarengi dengan penataan lingkungan yang baik agar tetap nyaman dan terjaga. 

Kata dia kemampuan daya dukung destinasi harus dikelola dengan baik dan disarankan ada batas maksimal jumlah kunjungan wisatawan ke suatu destinasi agar kenyamanan pengunjung bisa terjaga.

Sebelum pertemuan tersebut, Djoko bersama rombongan sempat meninjau objek wisata Monkey Forest, Museum Rudana, dan Bali Safari, ketiganya berada di wilayah Kabupaten Gianyar. 

Djoko mendapatkan informasi kunjungan ke tiga objek wisata tersebut cukup tinggi, yakni 10% dari jumlah wisatawan ke Bali atau sekitar 2,5 juta orang.

Kata dia jumlah tersebut cukup besar dan jika tidak dikelola dengan baik akan memberi dampak bagi lingkungan sekitar.

“Tingginya kunjungan memang memberikan dampak positif terhadap perekonomian, tetapi juga bisa berdampak kurang bagus jika tidak ditangani dengan baik, misalnya penanaganan sampah, kemacetan, dan kenyamanan. Ini harus dipikirkan,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper