Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dubes RI untuk Argentina Tertarik Pengolahan Bambu di Tabanan 

Tabanan mempunyai keunikan dan kekhasan  yang tidak dimiliki daerah lain yaitu bambu. Dia mengungkapkan pengembangan bambu saat ini menjadi perhatian pemerintah Argentina. Disebutkan Niniek, Argentina ingin mengembangkan bambu.
Ilustrasi/insidekyoto.com
Ilustrasi/insidekyoto.com

Bisnis.com, DENPASAR--Duta Besar RI di Buenos Aires Argentina Niniek Kun Naryatie menyatakan ketertarikannya untuk menjalin kerja sama pengolahan dan pemanfaatan bambu dengan Tabanan.

Menurutnya, Tabanan mempunyai keunikan dan kekhasan  yang tidak dimiliki daerah lain yaitu bambu. Dia mengungkapkan pengembangan bambu saat ini menjadi perhatian pemerintah Argentina. Disebutkan Niniek, Argentina ingin mengembangkan bambu.

"Hal itu merupakan kesempatan untuk unjuk gigi, bahwa negara kita mempunyai apa saja,salah satunya bambu. Argentina mempunyai banyak bambu tapi belum bisa memanfaatkan  secara maksimal," jelasnya melalui siaran pers, Rabu (24/10/2018).

Dia menegaskan secara tradisional tentu bambu digunakan, tetapi belum semaju di Tabanan.  

Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti mengatakan sangat menyambut dan bangga apabila diajak bekerja sama. Dia menegaska bahwa untuk membangun harus banyak sharing, sharing pengalaman, sharing kesuksesan, sharing semuanya yang disesuaikan potensi daerah masing-masing.

Ditegaskan Eka, Tabanan tidak hanya punya pertanian melainkan juga punya hutan lindung bambu dengan produksi yang banyak, termasuk olahan makanan dari embung bambu.

“Tidak itu saja, kami juga mengembangkan sektor pariwisata pertanian,” ujarnya.

Eka mengatakan setelah pertemuan akan segera ditindaklanjuti dengan membuat draf perjanjian.  Bagaimana pun, ujarnya, Tabanan kota kecil. Meski begitu, diharapkan bisa memberikan kontribusi terhadap negara.

“Nah artinya ini adalah change atau kesempatan untuk bisa menjalin hubungan yang baik antara dua negara, Argentina dan Indonesia yang diwakili oleh Tabanan untuk bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, khususnya di bidang pertanian dalam arti luas,” bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper