Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukit Kursi, Cara Lain Menikmati Bali Utara

Kawasan Bali utara menyimpan potensi objek wisata yang memikat untuk dikunjungi, salah satunya adalah Bukit Kursi yang terletak di Desa Pemuteran, Kabupaten Buleleng.

Bisnis.com, DENPASAR—Kawasan Bali utara menyimpan potensi objek wisata yang memikat untuk dikunjungi, salah satunya adalah Bukit Kursi yang terletak di Desa Pemuteran, Kabupaten Buleleng.

Bukit setinggi sekitar 700 meter ini memberikan pemandangan indah kawasan penyelaman Teluk Pemuteran, hingga jika cuaca cerah Selat Bali akan terlihat dari bukit ini. Bukit kursi berlokasi di jalan raya Singaraja-Gilimanuk.

Dari Kota Singaraja, untuk mencapai lokasi membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Sebagai patokan, setelah Pura Agung Pulaki, Anda melihat Hotel Matahari Beach. Di depan hotel tersebut terlihat tanda petunjuk ke Desa Pemuteran, masuk saja dan Anda akan menemukan pintu gerbang menuju Bukit Kursi.

Untuk mencapai puncak, pengunjung harus menapaki ratusan anak tangga. Setelah menapaki ratusan anak tangga tersebut, pengunjung akan mendapati tanah lapang yang terdapat fasilitas ayunan cinta dan spot terbaik melihat pemandangan pemuteran.

Jika ingin kembali mendaki ke atas juga diizinkan karena terdapat Pura Bukit Kursi yakni sebuah pura yang terdapat batu berbentuk menyerupai kursi. Keberadaan pura itulah yang mendasari dibukanya objek wisata yang baru dikenal sejak 2016 tersebut. Awalnya, pura ini hanya diperuntukkan bagi warga yang akan datang untuk bersembahyang.

Sejak 2016, bukit ini dibuka untuk umum dengan tiket masuk Rp5.000 untuk warga Indonesia dan Rp10.000 bagi wisman. Ketika Bisnis berkunjung ke sini, terdapat sejumlah wisman sedang menikmati pemandangan Pemuteran dari atas bukit ini.

Disarankan jika datang ke sini, ketika menjelang matahari terbit dan sore hari sebelum matahari tenggelam karena dijamin akan dapat menikmati pemandangan menakjubkan.

Datang ke objek wisata ini disarankan pada pada Februari atau Maret ketika musim hujan baru usai karena rerumputan di sekitar bukit baru tumbuh sehingga suasana hijau akan memanjakan mata. Objek wisata ini juga hanya berjarak sekitar 30 menit dari Pulau Menjangan sehingga bisa menjadi satu paket perjalanan Anda.

Kadisparda Buleleng Nyoman Sutrisna mengatakan objek wisata ini merupakan salah satu 10 destinasi baru di seluruh daera yang layak dikembangkan.

“Sudah mulai banyak yang mengetahui objek wisata karena media sosial. Bukit kursi sangat menarik dikunjungi,” tuturnya, Sabtu (24/3/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper