Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Efek Gunung Agung, 3 Objek di Karangasem Masuk Kawasan Rawan

Ketua PHRI Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menegaskan belum ada dampak signifikan kondisi Gunung Agung terhadap wisatawan. Dia mengungkapkan sejauh ini tidak ada pembatalan kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali.
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali./Ilustrasi-Feri Kristianto
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali./Ilustrasi-Feri Kristianto

Bisnis.com, AMLAPURA - Ketua PHRI Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menegaskan belum ada dampak signifikan kondisi Gunung Agung terhadap wisatawan. Dia mengungkapkan sejauh ini tidak ada pembatalan kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali.

Menurutnya, kondisi sekarang justru berpotensi menjadi daya tarik bagi wisman yang berkunjung ke Pulau Dewata. Ketua Bali Hotel Association (BHA) Ricky Putra menegaskan belum ada laporan dari anggotanya tentang pembatalan maupun wisman yang memilih pulang lebih awal karena kondisi Gunung Agung.

Menurutnya, pengelola hotel sudah menyampaikan kondisi gunung tertinggi di Bali itu kepada wisatawan. Selain itu, pelaku memberikan informasi secara transparan dan sekaligus menginfokan langkah-langkah yang diambil pemerintah jika erupsi terjadi.

"Belum ada pembatalan ataupun early check out, normal semua," jelasnya, Senin (25/9/2017).

Meski demikian, Ricky menyatakan pelaku perhotelan siap apabila erupsi terjadi dan berdampak terhadap bandara. Jika hal itu terjadi, pihak hotel siap untuk tidak menerima booking dari tamu dengan alasan keamanan.

Ditambahkan oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Bali Causa Iman Karana, pelaku perbankan telah siap mengantisipasi jika erupsi terjadi. Saat ini pelaku perbankan sedang mengidentifikasi kantor- kantor yang berada di radius tidak aman.

Sementara itu, sejumlah lokasi objek wisata tirta di daerah Karangasem seperti Tulamben, Amed serta Tirta Gangga diprediksi akan terdampak apabila Gunung Agung mengalami erupsi.

Berdasarkan peta kawasan rawan bencana, ketiga lokasi objek wisata berada di luar radius 12 Km, tetapi berada dalam jalur awan panas. Objek wisata lain di daerah Bali maupun yang cukup dekat dengan Gunung Agung diperkirakan hanya kena hujan abu.

Adapun objek vital seperti Bandara I Gusti Ngurah Rai diperkirakan hanya akan mengalami dampak hujan abu. Namun, otoritas telah menyiapkan langkah berupa penyetopan penerbangan jika hujan abu mulai muncul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper