LEBARAN 2017: Penarikan Uang di Bank Indonesia Naik 29%

Uang tunai yang keluar dari Bank Indonesia selama lebaran meningkat 29% menjadi Rp13,6 miliar dari tahun 2016 sebesar Rp2,8 miliar.
Ni Putu Eka Wiratmini | 30 Juni 2017 20:18 WIB
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bali Causa Iman Karana - NI PUTU EKA WIRATINI

Bisnis.com, DENPASAR--Uang tunai yang keluar dari Bank Indonesia selama lebaran meningkat 29% menjadi Rp13,6 miliar dari tahun 2016 sebesar Rp2,8 miliar.

Bank Indonesia sebelumnya memprediksi penarikan uang ke Bank Indonesia oleh bank umum jelang lebaran akan berkisar di angka Rp3,17 miliar. Adanya peningkatan jumlah hari libur dan hadirnya uang baru menjadi penyebab meningkatnya jumlah penarikan uang ini.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bali Causa Iman Karana mengatakan dengan peningkatan penarikan tentu berdampak pada transaksi ekonomi. Pihaknya juga sudah mengantisipasi banyaknya jumlah uang yang beredar dengan mengontrol supply barang lewat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

"Pada akhirnya uang yang ditarik bank- bank tadi akan kembali lagi ke Bank Indonesia, saat ini baru balik Rp45 miliar," katanya, Jumat (30/6/2017).

Kata dia berdasarkan pantauan setiap tahun, uang akan kembali ke Bank Indonesia sebesar 80%. Awal Juli diprediksi pengembalian itu akan rampung.

"Bank juga tidak mungkin menyimpang uang secara fisik banyak-banyak," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mirae

Editor : News Editor

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top