Pertemuan Tahunan IMF-World Bank: Sistem Lalu Lintas Ganjil Genap mulai Diterapkan

Oleh: Ni Putu Eka Wiratmini 07 Oktober 2018 | 15:19 WIB
Pertemuan Tahunan IMF-World Bank: Sistem Lalu Lintas Ganjil Genap mulai Diterapkan
Sistem ganjil genap mulai diterapkan mulai hari ini Minggu (7/10/2018) pada sejumlah simpang jalan di Bali selama Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018. /Bisnis-Ni Putu Eka Wiratmini

Bisnis.com, DENPASAR – Sistem ganjil genap mulai diterapkan pada sejumlah simpang jalan di Bali untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas selama gelaran Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018.

Kepala Seksi Pengawasan Teknis Pengawasan Jalan Kementrian Perhubungan Ditjen Perhubungan Darat Taofan Adriana mengatakan pada hari pertama pelaksaan sistem ganjil genap yakni Minggu (7/10/2018) pagi dari pukul 06.00 WITA sampai 09.00 WITA telah berjalan dengan lancar. Dia pun menilai hingga saat ini belum ditemukan pelanggar sama sekali. 

Menurut dia, jika nantinya ditemukan terjadi pelanggaran, akan dilakukan langkah selanjutnya oleh pihak kepolisian. Namun, sanksi lebih lanjut yang akan diberikan belum mampu dia sebutkan.

"Kalau yang melanggar sebenarnya masuk ranah kepolisian, kalau rapat kemarin sih masih sosialisasi, apakah nanti ada tindakan lebih lanjut tergantung perkembangan," katanya, Minggu (7/10/2018).

Kata dia, lalu lintas mulai Senin (8/10/2018) akan menjadi tantangan sebab merupakan hari kerja sekaligus hari pertama gelaran IMF-WB 2018. Dia tetap optimistis sistem ganjil genap ini akan memperlancar lalu lintas sebab sosialisasi yang telah diadakan hingga seminggu lamanya. 

"Kita juga sudah pasang baliho yang sifatnya sebagai imbauan, kita juga buat baliho di 14 titik, yang mengarah ke jalur [sistem ganjil genap] kita sudah pasang baliho sosialisasi," katanya. 

Adapun ruas jalan pembatasan ganjil genap yakni Jalan Bay Pass Ngurah Rai atau Simpang Pesanggaran-Nusa Dua, Jalan Raya Uluwatu atau Simpang Kali - Uluwatu, Jalan Kampus Unud atau Simpang Kampus-Politeknik, Jalan Uluwatu II atau Simpang Bali - Simpang Kampus Unud Ngurah Rai, dan Jalan Siligita atau Simpang PDAM- Simpang Bay Pass Ngurah Rai. Rencana ini akan diterapkan pada 7-18 Oktober 2018 antara pukul 06.00 WITA sampai 09.00 WITA dan pukul 15.00 WITA sampai 19.00 WITA. 

Pembatasan lalu lintas ganjil genap yang akan diberlakukan di sejumlah ruas jalan Bali pada saat gelaran IMF-WB 2018 diprediksi mampu mengurangi kemacetan 40% hingga 90%. 

Editor: Sutarno

Berita Terkini Lainnya