317 Temuan dan Inovasi Remaja 15 Negara Dikompetisikan di Bali

Oleh: Ema Sukarelawanto 20 September 2018 | 14:51 WIB
317 Temuan dan Inovasi Remaja 15 Negara Dikompetisikan di Bali
Siswa SMPN3 Denpasar sedang menjelaskan temuannya sebuah alat untuk memilah sampah organik dan norganik dalam acara pameran dan kompetisi kompetisi International Young Inventors Award 2018 yang digelar Innopa di Denpasar, Rabu (19/9/2018)./Bisnis-Ema Sukarelawanto

Bisnis.com, DENPASAR – Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (Innopa) menggelar kompetisi International Young Inventors Award (IYIA) 2018 yang menampilkan 317 produk temuan baru dan inovasi dari 15 negara.

Windani Tiarahmawati, Training and Innovation Development Director of Innopa mengatakan organisasi nonpemerintah ini berupaya mendukung inovator Indonesia untuk tampil dan bersaing, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Dalam kompetisi ini para inovator muda dunia dapat memperkenalkan penemuannya kepada masyarakat luas dan dinilai tim juri. Ajang ini berpeluang menunjukkan potensi inovator Indonesia secara global,” katanya, Rabu (19/9/2018).

Menurut Windani kompetisi tahun kelima ini diikuti peserta dari 15 negara yakni Cina, Filipina, Hong Kong, India, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Polandia, Rusia, Taiwan, Thailand, Turki, Vietnam, Yordania, dan Indonesia.

Sebanyak 317 produk inovasi -160 karya dari siswa dan mahasiswa Indonesia dan 157 karya dari mancanegara—dinilai oleh tim juri dari dalam dan luar negeri.

Karya yang dipamerkan berupa sampel, prototipe, maket, maupun produk siap pakai atau jual. Penilaian atas inovasi peserta dilakukan dengan proses penjurian dari juri nasional dan internasional, dengan pemberian penghargaan berupa medali perunggu, perak, dan emas serta penghargaan terbaik, penghargaan khusus, semi grand prize dan grand prize.

Pameran produk inovasi dan kompetisi International Young Inventors Award digelar 19-22 September 2018 di Sanut Bali sebagai bentuk apresiasi terhadap para inovator yang telah menciptakan produk inovasi, sekaligus menjadi ajang pertemuan para inovator muda dari berbagai negara untuk saling berbagi pengetahuan.

Windani menjelaskan Innopa juga melakukan promosi dan mengikuti ajang kompetisi di luar negeri agar para inovator muda dari Indonesia mendapatkan investor dan mampu memproduksi secara massal serta komersial hasil temuan tersebut.

Ia menyebut dari 160 karya anak negeri dari SMP hingga perguruan tinggi, 25 di antaranya berasal dari Bali yakni tim dari SMPN 3 Denpasar, SMPN 6 Denpasar, SMPN 10 Denpasar, SMA Kristen Harapan Denpasar, SMAN 1 Denpasar, SMAN 3 Denpasar, SMAN 4 Denpasar, SMAN 6 Denpasar, dan SMAN 1 Gianyar.

Kata dia bukan hanya Bali, tetapi peserta juga datang dari berbagai kota kecil di Indonesia yang menunjukkan potensi dalam melahirkan inovator berprestasi.

Saat ini, Innopa telah mengantarkan lebih dari 10.000 inovator Indonesia untuk berkompetisi di tingkat internasional, dengan memenangkan 425 medali emas, 707 medali perak, dan 1.125 medali perunggu, serta berbagai penghargaan dari International Federation of Inventors Associations (IFIA), sebuah lembaga di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya