Pesta Kesenian Bali Suburkan Iklim Berkesenian di Pulau Dewata

Oleh: Feri Kristianto 22 Juni 2018 | 13:51 WIB
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, DENPASAR—Ajang tahunan Pesta Kesenian Bali atau PKB dinilai telah memberikan suntikan terhadap berkembangnya kelompok-kelompok seni di seluruh desa di Pulau Dewata.

Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) I Gede Arya Sugiharta menyatakan tidak hanya kelompok seni yang berkembang, tetapi juga sekolah-sekolah berbasis seni. Alhasil, pergelaran festival kesenian telah memberikan iklim berkesenian di destinasi wisata ini.

“Dulu sekaa gong hanya dewasa saja di desa, sekarang setelah ada PKB, sekarang satu desa bisa punya empat sekaa gong anak-anak, remaja, dewasa, dan wanita. Dulu belum tentu satu dan sanggar seni belum muncul,” jelasnya, Jumat (22/6/2018).

Bagi sekolah seni seperti ISI Bali, ajang seperti PKB juga menjadi wadah untuk berkreasi yang rutin setiap tahun. Menurutnya, ada ruang bagi seniman untuk tidak hanya bergerak dalam bidang sosial saja dengan adanya pergelaran seperti PKB.

Ketua Panitia PKB ke-40 2018 Dewa Putu menyampaikan pada tahun ini pihaknya mengambil tema “Teja Dharmaning Kauripan” – Api Sirit Penciptaan. PKB tahun ini akan digelar mulai 23 Juni – 21 Juli 2018.

Pawai PKB akan dilaksanakan di depan monument perjuangan rakyat Bali, Bajra Sandhi, Renon, Denpasar mulai pukul 14.00 Wita. Pembukaan akan berlangsung di panggung terbuka Ardha Candra, Taman Budaya, Art Center, Denpasar pukul 20.00 Wita dengan menampilkan pagelaran sendratari kolosal “Kresna Duta” persembahan ISI Denpasar.

Kadis Kebudayaan Bali ini mengatakan jika tahun ini PKB ke-40 akan menampilkan 271 kelompok seni. Selain dari Bali, juga diikuti oleh partisipan dari luar yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Temanggung, Kota Blitar, Kota Batu-Malang, ISI Yogyakarta, Kalimantan Timur, Kota Tangerang.

Adapula delegasi dari Kabupaten Bima, Kabupaten Baru, Kabupaten Gunung Kidul dan ISBI Tanah Papua serta partisipan dari luar negeri diantaranya kesenian dari Jepang, India, Peru dan Tiongkok.

Pawai dan pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-40 Tahun 2018 rencananya akan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya