Bali Siapkan Pawai Budaya di Pertemuan IMF-World Bank

Oleh: Ema Sukarelawanto 07 Juni 2018 | 15:19 WIB
Sejumlah anak mementaskan Tari Manukrawa dalam rangkaian pementasan Bali Mandara Nawanatya 2018 di Taman Budaya, Denpasar, Bali, Jumat (11/5)./Antara-Wira Suryantala

Bisnis.com, DENPASAR—Pemprov Bali menyiapkan sajian pawai budaya untuk memeriahkan Pertemuan Tahunan IMF-World Bank pada Oktober 2018 mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha mengatakan pawai budaya yang akan disuguhkan di hadapan delegasi dan penggembira pada acara tersebut menyerupai pawai pada Pesta Kesenian Bali (PKB).

“Kami akan mengemas dengan lebih baik dengan menampilkan kesenian unggulan dari berbagai daerah,” katanya, kamis (7/6/2018).

Menurut Beratha pawai budaya tersebut merupakan permintaan langsung Presiden RI Joko Widodo untuk menampilkan kekayaan kesenian dalam acara yang akan dihadiri 15.000 orang itu.

Ia juga menyebut anggaran sebesar Rp1 miliar telah disiapkan untuk penyelenggaraan pawai tersebut.

Beratha menambahkan dalam pertemuannya dengan pihak Sekretariat Panitia Nasional IMF-World Bank di Kementerian Keuangan RI diperoleh kejelasan anggaran tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan acara yang jadwal acaranya telah ditentukan panitia pelaksana.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah meminta langsung kepada Gubernur Bali Made Mangku Pastika agar acara Pertemuan Tahunan IMF-World Bank dapat diisi pawai seni budaya.

Permintaan itu berdasarkan ketertarikan Presiden Jokowi yang dua kali menghadiri pembukaan Pesta Kesenian Bali. Jokowi terkesan dan menginginkan pawai serupa di acara IMF-World Bank.

“Kata Pak Gub [Gubernur Bali] untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Bali kaya tradisi, seni, dan budaya yang adiluhung. Ini adalah kesempatan kita,” kata Beratha.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya