Promosi ke Dubai: Badung Targetkan Kunjungan Wisman UEA Naik 64,16%

Oleh: Feri Kristianto 23 April 2018 | 15:44 WIB
Delegasi tim promosi Badung di Dubai, UEA.

Bisnis.com, DENPASAR—Pemkab Badung menargetkan jumlah kunjungan wisman dari Uni Emirat Arab atau UEA pada tahun ini sebanyak 2.810 orang, naik 64,16% dibandingkan kedatangan pada tahun lalu 1.803 orang.

Kadis Pariwisata Badung I Made Badra mengatakan meskipun kontribusi turis salah satu negara jazirah Arab ini masih kecil, tetapi tingkat pengeluarannya selama berlibur di Bali cukup tinggi. Kunjungan wisatawan dari UEA yang datang ke Bali pada 2017 memang tidak masuk dalam kategori 20 besar negara-negara yang berkunjung ke Bali.

“Namun pertumbuhan wisatawan dari UEA ini memberikan dampak bagi tingkat hunian hotel di Badung Bali. Jumlah pengeluaran wisatawan Timur Tengah, dapat dikatakan lebih tinggi dari pengeluaran wisatawan lainnya, yakni sebesar US$1.750 per hari dengan lama tinggal 7 hari,” jelasnya melalui pesan, Senin (23/4/2018).

Dia mengatakan untuk mendorong peningkatan itu, tim promosi Badung untuk kedua kalinya melakukan promosi ke Dubai pada 18-24 April 2018. Tim promosi tahun ini ke Dubai telah mengikutsertakan industri yang terdiri pengusaha atau pimpinan hotel berbintang, travel agent dan airline.

Dubai menjadi pilihan untuk dijadikan tempat promosi karena kota ini adalah kota tempat penyelenggaraan Arabian Travel Market – ATM Dubai 2018. Diharapkan dari ajang ini, seller dari Badung berhasil membukukan transaksi dengan pembeli (buyer) paket wisata Badung dan Bali.

Badra mengatakan salah satu atraksi yang dijual di Dubai adalah wisata naik Unta di Nusa Dua dan mendapat respons antusias dari buyer. Selain wisata naik Unta di sepanjang pantai di wilayah Badung Selatan, dia juga mempromosikan tempat wisata kuliner halal khusus bagi wisatawan Arab, yang dilengkapi dengan informasi wisata hiburan Jahana Street yang menjadi favorit wisatawan Arab yang milenial di Jalan Legian Kuta-Bali.

“Kami harapkan dari informasi ini tour operator di Dubai mengirimkan wisatawannya ke Badung-Bali. Kami juga berikan sejumlah door prize berupa 2 tiket gratis dari Singapore Airline dengan akomodasi gratis di sejumlah hotel di Badung-Bali,” paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan ajang promosi ini berhasil menggaet wisman dari Arab. Menurutnya, wisman Arab merupakan wisatawan yang mempunyai karakteristik unik dan perlu diperlakukan berbeda dari konsumen di bagian lain dunia. Perlu menjadi perhatian tentang perilaku, sifat, karakteristik, dan demografi wisatawan Arab Timur Tengah yang membedakannya dengan wisatawan lainnya.

Dia menegaska wisman Arab umumnya memilih akomodasi yang mewah, barang yang mewah dan bermerek, menyukai wisata kuliner, hiburan termasuk di dalamnya spa dan fashion. Terpenting lagi wisatawan Arab adalah yang menangani mampu berbahasa Arab. Hal ini tentunya bisa menjadi perhatian industri pariwisata di Bali umumnya.

Ketua Badan Promosi Pariwisata (BPPD) Badung I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya menyampaikan optimisme dengan promosi ke Dubai. Kedepannya diharapkan pelaku pariwisata yang menangani pasar Arab dapat mendatangkan wisatawan lebih banyak ke Badung.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer