Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gili Trawangan Targetkan Kunjungan 4.500 Orang Per Hari Sepanjang Agustus

Turis yang berkunjung ke Gili Trawangan ditargetkan mencapai 4.500 orang
Gili Trawangan/dinaspariwisatantb
Gili Trawangan/dinaspariwisatantb

Bisnis.com, DENPASAR – Kawasan wisata Gili Trawangan menargetkan kunjungan meningkat drastis sepanjang Agustus 2024 yang merupakan masa high season terutama dari wisatawan mancanegara. 

Ketua Ikatan General Manager Hotel Association (IHGMA), Lalu Kusnawan menjelaskan Agustus menjadi masa high season bagi Gili Trawangan, sehingga kunjungan akan meningkat jika dibandingkan bulan sebelumnya.

“Pada Juli  tingkat kunjungan rata - rata  3.000 wisatawan per hari, untuk untuk Agustus 4.500 wisatawan per hari. Sudah meningkat karena masa high season,” jelas Kusnawan melalui live streaming dikutip, Rabu (7/8/2024). 

Tren kenaikan kunjungan diharapkan berlanjut hingga event MotoGP yang akan berlangsung pada September 2024. Kusnawan menyebut Gili Trawangan bakal menjadi salah satu lokasi tempat para tamu dan penonton MotoGP menginap, terutama penonton yang masuk melalui Bali dengan fast boat atau kapal cepat.

Agar target tersebut tercapai, pelaku pariwisata berharap suplai air ke Gili Trawangan maupun dua gili lainnya tidak terganggu. Air yang sempat terputus imbas kisruh nya pengelolaan air membuat Gili Trawangan dan Gili Meno kekurangan air bersih. Bahkan kunjungan ke dua Gili tersebut sempat terhenti. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Lombok Utara, Denda Dewi Tresni Budiastuti menjelaskan jumlah kunjungan wisatawan ke tiga Gili pada Juli 2024 mencapai 420.000 wisatawan, dimana 370.000 merupakan wisatawan mancanegara dan 42.000 merupakan wisatawan nusantara.

Pemkab Lombok Utara bersama pelaku pariwisata terus melakukan penataan transportasi laut dari Bangsal ke Gili agar lebih lancar. Menurutnya hal tersebut sesuai dengan masukan yang diterima dari wisatawan. “Banyak yang mengeluhkan penyebrangan yang terlalu ramai. Kami sudah kerjasama dengan pelaku usaha fast boat bagaimana mengatur agar wisatawan lebih nyaman,” jelas Denda.

Denda juga menyebut kawasan Tiga Gili tetap menjadi primadona bagi wisatawan, terutama wisatawan mancanegara. Untuk menjaga trend positif tersebut, Denda berkomitmen menjaga kondusifitas dan infrastruktur dasar seperti air bersih dan transportasi. “Untuk masalah air bersih ke Gili Meno kami sudah mulai proses pembangunan, Perumda kami sudah mengurus izin ke Kementerian ESDM,” jelas Denda.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper