Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trafik Data Indosat (ISAT) di Bali Melesat 74% Selama WWF

Trafik data Indosat Ooredoo Hutchison (ISAT) di Bali mengalami lonjakan sebesar 74% selama perhelatan WWF yang digelar pada 18 - 25 Mei lalu
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menutup rapat tingkat menteri di Forum Air Dunia (World Water Forum/WWF) ke-10 di Nusa Dua, Bali, Selasa (21/5/2024). Bisnis/Adam Rumansyah
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menutup rapat tingkat menteri di Forum Air Dunia (World Water Forum/WWF) ke-10 di Nusa Dua, Bali, Selasa (21/5/2024). Bisnis/Adam Rumansyah

Bisnis.com, DENPASAR – Emiten Telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison (ISAT) atau IOH mengalami lonjakan trafik data sebesar 74% selama perhelatan World Water Forum (WWF) di Bali yang digelar pada 18 - 25 Mei lalu. 

Head of Circle Java Indosat Ooredoo Hutchison, Elny Widjaja menjelaskan Indosat menyiapkan infrastruktur telekomunikasi bagi para delegasi WWF. Secara umum seluruh layanan Indosat dapat digunakan dengan lancar tanpa kendala.

Indosat menyediakan jaringan di semua jalur dan titik lokasi kegiatan yang diperkuat sebanyak 232 BTS 4G dan 5G. Lokasi Opening Ceremony dan High-Level Meeting di Bali International Convention Center (BICC) serta lokasi Fair & Expo di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) dan Pantai Kuta turut menjadi fokus utama kesiapan infrastruktur jaringan yang dilakukan Indosat. 

Optimalisasi kualitas jaringan juga dilakukan di sejumlah BTS yang melayani Point of Interest (POI) WWF 2024, antara lain di area Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua, Kawasan Ekonomi Khusus Kura Kura Bali, GWK Cultural Park, Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ngurah Rai, Taman Bhagawan, Water Museum Subak di Tabanan, Jatiluwih UNESCO World Heritage Site, Danau Batur Kintamani, dan Cultural Village Ubud. Sementara, untuk menopang kebutuhan Denpasar sebagai kota terbesar dan teramai, Indosat mengoperasikan sekitar 300 BTS. Secara keseluruhan, jaringan Indosat yang melayani area Bali diperkuat hampir 700 BTS.

Kualitas layanan Indosat didukung pemanfaatan infrastruktur jaringan berteknologi tinggi berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning, efisien dari sisi penggunaan energi, serta sumber daya manusia yang andal. Tidak hanya itu, Indosat juga menyiagakan personel teknis yang bekerja 24/7 baik di lapangan maupun di Command Center yang berlokasi di Kantor Indosat Tuban, Bali, didukung oleh tim ahli yang memonitor secara intens dari Indosat Network Operation Center (INOC) di Kantor Pusat Indosat, Jakarta.

Selain itu, meningkatnya trafik telekomunikasi ini juga berdampak pada penguatan ekonomi bagi masyarakat lokal. Hal ini tercermin dari peningkatan total pendapatan outlet penjualan Indosat di wilayah Bali yang tumbuh hingga 21% di sepanjang gelaran WWF 2024.

"Tercatat jumlah pengguna layanan Indosat turut melesat naik lebih dari 90% dibandingkan rata-rata periode hari normal, menunjukkan begitu banyaknya orang datang dari luar Bali yang tentunya berpotensi menaikkan transaksi di warung, restoran, toko oleh-oleh, penginapan, pasar tradisional, sentra pariwisata, hingga persewaan mobil dan motor selama WWF 2024," jelas Elny dari siaran pers, Jumat (7/6/2024).

Elny juga menyebut kualitas layanan Indosat didukung pemanfaatan infrastruktur jaringan berteknologi tinggi berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning, efisien dari sisi penggunaan energi, serta sumber daya manusia yang andal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper