Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stok Beras di Buleleng 1.022 Ton saat Ramadan

Pemerintah Kabupaten Buleleng memastikan ketersediaan beras selama Ramadan atau satu bulan kedepan cukup untuk konsumsi masyarakat.
Buruh mengangkut karung beras./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti.
Buruh mengangkut karung beras./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti.

Bisnis.com, DENPASAR - Pemerintah Kabupaten Buleleng memastikan ketersediaan beras selama Ramadan atau satu bulan ke depan cukup untuk konsumsi masyarakat. 

Pemkab Buleleng menyediakan stok beras sebanyak 1.022 ton untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan masyarakat saat Ramadan.

Kepala DisdagperinkopUKM Buleleng, Dewa Made Sudiarta menjelaskan dengan ketersediaan beras yang memadai, Pemerintah bisa melakukan pengendalian harga beras di tingkat pengecer, sehingga konsumen bisa mendapat harga yang terjangkau atau sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). 

"Kabupaten Buleleng memiliki 60 distributor bahan pokok serta pedagang di pasar tradisional yang ikut berperan dalam distribusi dan stabilisasi harga. Utamanya pada komoditi beras, stok yang tersedia mencapai 1.022 ton, meliputi beras medium dari Bulog atau beras SPHP yang dijual seharga Rp10.900/kg. selain itu perluasan distributor dan intervensi harga berupa subsidi transportasi kepada para pedagang juga diberikan guna menekan harga beras di pasaran," jelas Sudiarta dari siaran pers, Selasa (12/3/2024).

Strategi gerakan pangan murah juga dilaksanakan secara berkala, Sudiarta menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan kegiatan tersebut secara rutin. Selain itu. untuk mendukung akses masyarakat di pedesaan, rencananya gerakan pangan murah akan diperluas ke sentra-sentra desa dengan melibatkan koperasi lokal. Karena selama ini kegiatan gerakan pangan murah hanya diselenggarakan di Kota Singaraja dan sekitarnya.

Sudiarta menegaskan kesiapan pasokan bahan pokok untuk memastikan stabilitas harga telah melalui pantauan rutin bersama Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kabupaten Buleleng, upaya pengendalian harga terutama pada bahan pokok seperti beras, telur ayam, daging, dan minyak goreng telah dipersiapkan secara matang. 

“Segala upaya yang telah kami lakukan diharapkan dapat memberikan efek psikologi terhadap harga pangan, sehingga masyarakat dapat memperoleh pangan dengan harga terjangkau sesuai dengan daya belinya,” ujar Sudiarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper