Ada Libur Imlek, Okupansi Hotel di Kuta Tembus 80%

Tingkat hunian kamar hotel di Bali diproyeksikan meningkat drastis saat periode libur Imlek yang akan berlangsung pada pekan ini.
Ilustrasi hotel./Freepik
Ilustrasi hotel./Freepik

Bisnis.com, DENPASAR – Tingkat hunian kamar hotel di Bali diproyeksikan meningkat drastis saat periode libur Imlek yang akan berlangsung pada pekan ini. Apalagi libur Imlek ini juga berdekatan dengan libur perayaan Isra Mi’raj yang jatuh pada Kamis, 8 Januari 2024 mendatang, sehingga Bali akan menerima limpahan wisatawan domestik selama empat hari.

Hotel bintang empat seperti Aston Kuta, mulai menerima reservasi dari wisatawan yang akan berlibur di Bali saat periode Imlek. Marketing Komunikasi Hotel Aston Kuta, Ikha Dewi menjelaskan, saat ini reservasi tamu untuk periode Imlek sudah mulai masuk, terutama dari wisatawan domestik seperti dari Jakarta dan kota–kota besar lainnya.

“Okupansinya sudah 80% untuk periode libur Imlek, dengan mayoritas tamu kami dari wisatawan domestik,” jelas Dewi saat dikonfirmasi Bisnis, Senin (5/2/2023).

Tingkat hunian kamar tersebut bisa meningkat saat mendekati hari libur Imlek, apalagi sebagian wisatawan domestik melakukan reservasi langsung di tempat. Selain itu, Kuta juga masih menjadi destinasi favorit bagi wisatawan domestik atau nusantara yang berlibur ke Pulau Dewata, walaupun muncul kawasan favorit baru seperti Canggu.

Akomodasi kawasan di Kuta yang lengkap memberi banyak pilihan bagi wisatawan yang berlibur ke Bali. Selain itu Kuta juga merupakan destinasi terdekat dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. Aston Kuta juga melakukan sejumlah upaya dilakukan untuk menarik tamu, seperti promosi musiman untuk perayaan Imlek dan hari valentine.

“Promo yang kami sediakan saat Imlek mulai dari paket restoran yang menarik dengan menyediakan hidangan khas Imlek seperti Mongolian BBQ. Kemudian saat valentine kami menyediakan paket diskon untuk tamu yang menginap saat valentine,” ujar Ikha.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat okupansi hotel berbintang di Bali pada bulan Desember 2023 tercatat sebesar 62,19%, naik 7,30% jika dibandingkan dengan November 2023 yang tercatat sebesar 54,89 persen. Jika dibandingkan dengan bulan Desember 2022 (yoy) yang mencapai 53,75%, tingkat penghunian kamar pada bulan Desember 2023 tercatat naik 8,44%. Sementara itu, TPK hotel non bintang tercatat sebesar 37,47%, naik 3,275 dibandingkan November 2023 yang tercatat sebesar 34,20%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper