Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Air Asia Terbangi Rute Bali ke Kupang

Adanya penerbangan ini juga dapat mendorong keinginan wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menjelajahi keindahan pariwisata Kupang, Nusa Tenggara Timur.
Pesawat udara milik maskapai penerbangan AirAsia tiba di bandara El tari Kupang, Sabtu (16/12/2023) sore./Antara-Kornelis Kaha.
Pesawat udara milik maskapai penerbangan AirAsia tiba di bandara El tari Kupang, Sabtu (16/12/2023) sore./Antara-Kornelis Kaha.

Bisnis.com, KUPANG - Maskapai penerbangan AirAsia, resmi beroperasi di Kota Kupang dengan mengoperasikan penerbangan langsung pertamanya yang menghubungkan Denpasar, Bali dan Kupang, Nusa Tenggara Timur setelah diresmikan di Bandara El Tari Kupang, Sabtu sore.

“Peresmian penerbangan perdana ini membuktikan komitmen Indonesia AirAsia yang terus melebarkan konektivitas jaringan udara hingga ke Kota Kupang NTT," kata Direktur Operasi Indonesia AirAsia Kapten Wuri Septiawan, di Kupang, Sabtu (16/12/2023).

Dia menjelaskan bahwa dibukanya penerbangan ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan Indonesia AirAsia dalam membuka gerbang dan memperkenalkan pariwisata provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Kupang, setelah sebelumnya dibuka rute ke Labuan Bajo dari Jakarta dan Denpasar.

Wuri menambahkan bahwa adanya penerbangan ini juga dapat mendorong keinginan wisatawan domestik maupun mancanegara seperti Australia, Malaysia, Singapura dan Thailand untuk menjelajahi keindahan pariwisata Kupang, Nusa Tenggara Timur melalui Denpasar, Bali.

Begitupun dengan masyarakat Kupang yang ingin bepergian melalui Denpasar, Bali untuk melanjutkan perjalanannya ke berbagai destinasi baik domestik maupun internasional seperti Surabaya, Jakarta, Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok, dan Perth.

Penerbangan perdana dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS) menuju Bandara Internasional El Tari (KOE), yang mendarat pada pukul 17:05 WITA mendapatkan sambutan water salute saat kedatangannya.

Penerbangan Indonesia AirAsia dengan kode QZ 632 ini juga sukses mengangkut penumpang dengan tingkat keterisian 100 persen atau sebanyak 180 penumpang. Sementara saat keberangkatan dari bandara El Tari Kupang tingkat keterisiannya mencapai 90 persen.

PLT Kepala Dinas Perhubungan NTT Mahidin S mengapresiasi upaya dari maskapai penerbangan teryang akhirnya berkomitmen untuk membuka jalur penerbangan ke Kupang yang mana secara resmi beroperasi per Sabtu (16/12).

"Dibukanya rute ini secara resmi menjawab permintaan serta harapan masyarakat NTT yang selama ini mengeluh tentang harga tiket pesawat," ujar dia.

Dia berharap maskapai tersebut kelak bisa menambahkan armadanya untuk membantu masyarakat yang ada di NTT khususnya di wilayah Kota Kupang dan sekitarnya, mengingat banyak potensi wisata juga yang ada di pulau Rote, pulau Sabu dan beberapa pulau lainnya.

"Semoga penerbangan ini dapat menjadi simbol konektivitas yang semakin erat, membuka pintu peluang dan menghubungkan pariwisata Nusa Tenggara Timur yang penuh potensi kepada wisatawan domestik maupun mancanegara,” tegasnya lagi.

Sementara itu Sari seorang calon penumpang pesawat yang hendak ke Bali mengaku keberadaan maskapai penerbangan tersebut bisa sedikit menekan harga tiket ke Bali.

‘Selama ini harga tiket maskapai yang satunya itu sangat mahal, bersyukur karena ada AirAsia sehingga harganya sedikit lebih murah,” ujar dia.

Sari menambahkan bahwa selama ini penerbangan baik ke Bali maupun sebaliknya hanya dilayani oleh satu maskapai penerbangan. Kini sudah dua maskapai penerbangan sehingga masyarakat bisa lebih mudah memilih.

“Semakin banyak pilihan semakin bagus, selain itu juga harga juga terjangkaulah dengan kantong-kantong kita masyarakat di NTT,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper