Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbanyak BTS, Jaringan Indosat di Pulau Sumbawa Sudah 92 Persen

Hingga Agustus 2023, jumlah BTS milik Indosat Ooredoo Hutchison di Sumbawa dan Bima sudah lebih dari 200 titik
ilustrasi BTS Indosat. bisnis/istimewa
ilustrasi BTS Indosat. bisnis/istimewa

Bisnis.com, MATARAM - Operator seluler, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) terus berupaya memperkuat cakupan jaringannya di Pulau Sumbawa sebagai bagian dari pemerataan infrastruktur telekomunikasi di daerah. 

Langkah strategis yang dilakukan Indosat antara lain membangun banyak Base Transceiver Station (BTS) atau tower BTS. Sepanjang 2023 pembangunan BTS meningkat 11 kali lipat dibanding sebelumnya. Hingga Agustus 2023 jumlah BTS sudah lebih dari 200 sites, tersebar dari kabupaten Sumbawa hingga kabupaten Bima. 

Dengan pertumbuhan BTS yang signifikan, jangkauan jaringan Indosat saat ini mencapai 92 persen dengan sebaran kabupaten Sumbawa 97 persen, Sumbawa Barat 83 persen, Dompu 98 persen, Bima 83 persen, dan kota Bima 93 persen. Adapun dari segi cakupan jaringan terhadap total populasi (NCP/Network Coverage Population), secara keseluruhan angkanya telah mencapai 72 persen di Pulau Sumbawa. Secara khusus, NCP di Kota Bima bahkan telah mencapai 95 persen, di mana mayoritas penduduk Kota Bima telah mampu dijangkau oleh jaringan 4G Indosat. 

Head of Region East Java & Bali Nusra Indosat Ooredoo Hutchison, Soejanto Prasetya, menjelaskan Indosat akan terus memperluas jangkauan jaringan hingga 100 persen, sehingga semua warga NTB yang tinggal di pulau Sumbawa bisa menikmati jaringan yang handal. 

“Pengembangan ini akan terus dimaksimalkan dengan target rampung 100 persen pada September mendatang. Indosat tetap berupaya dan berkomitmen dalam memenuhi kebutuhan telekomunikasi masyarakat Bali dan Nusa Tenggara. Selaras dengan cakupan jaringan Indosat yang semakin luas, trafik data turut mengalami lonjakan signifikan, tercatat trafik data meningkat sebesar 215% Year to Date hingga Agustus 2023.” jelas Soejanto di Mataram, Kamis (24/8/2023)

Sementara itu District Operation Head East Java, Jember & Bali Nusra Indosat Ooredoo Hutchison, Vega Sumampouw menambahkan jaringan yang kuat akan berdampak ke peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat yang saat ini ditopang oleh digitalisasi.  

“Kami akan terus memperkuat infrastruktur jaringan dan meningkatkan pengalaman pelanggan untuk terkoneksi satu sama lain hingga melakukan berbagai macam aktivitas digital. Pada akhirnya, saya berharap upaya ini dan kehadiran kami, baik IM3 maupun Tri dapat meningkatkan perekonomian dari masyarakat Pulau Sumbawa di berbagai sektor, termasuk mendukung kemajuan titik-titik destinasi pariwisata," jelas Vega.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler