Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jelang Piala Dunia U 20, Infrastruktur Stadion I Wayan Dipta Dipoles

Bahkan Bali United, klub liga 1 yang menjadikan stadion I Wayan Dipta sebagai home base harus rela angkat kaki untuk sementara waktu.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 11 Januari 2023  |  22:42 WIB
Jelang Piala Dunia U 20, Infrastruktur Stadion I Wayan Dipta Dipoles
Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali. Stadion tersebut merupakan markas dari klub sepakbola Bali United yang dikelola PT Bali Bintang Sejahtera Tbk. - baliunited
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR – Stadion I Wayan Dipta Gianyar bakal menjadi salah satu lokasi pertandingan Piala Dunia U-20 yang bakal digelar pada 20 Mei - 11 Juni 2023.

Infrastruktur dasar di Stadion I Wayan Dipta pun sudah dilengkapi mulai dari pemugaran stadion dengan memperbarui tempat duduk penonton, ruang ganti pemain hingga pemolesan rumput stadion yang sesuai standar piala dunia. Dalam pemugaran tersebut, kursi single seat ditambah menjadi 13.000 unit kursi, yang awalnya hanya 5.000 unit single seat.

Renovasi Stadion I Wayan Dipta oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dimulai sejak 2020 dan saat ini sudah rampung menelan dana Rp152 miliar. Saat ini Stadion I Wayan Dipta sudah masuk tahap pemeliharaan dan tidak boleh digunakan untuk pertandingan sepak bola maupun kegiatan lainnya hingga Piala Dunia U 20 selesai.

Bahkan Bali United, klub liga 1 yang menjadikan stadion I Wayan Dipta sebagai home base harus rela angkat kaki untuk sementara waktu.

Ketua Local Organizing Committee (LOC) Stadion Kapten I Wayan Dipta, I Ketut Suantika, menjelaskan untuk sementara Bali United pindah home base ke Stadion Sultan Agung Bantul, Yogyakarta.

“Hasil komunikasi kami dengan Pemkab Gianyar, Kementerian PUPR melarang penggunaan stadion I Wayan Dipta hingga Piala Dunia U-20 usai,” jelas Suantika dari keterangannya yang diterima Bisnis, Rabu (11/1/2023).

PLN juga mulai menyiapkan jaringan listrik di Stadion I Wayan Dipta untuk membackup setiap pertandingan yang digelar di Stadion terbesar di Nusa Tenggara tersebut.

General Manager PLN UID Bali, I Wayan Udayana, menjelaskan ketika Piala Dunia U-20 digelar, PLN akan memasok listrik stadion dari dua sumber penyulang dengan empat lapis pengaman.

Standar pengamanan ini dilakukan untuk menghindari pasokan listrik ke venue tidak mengalami kedip ataupun jika terdapat gangguan yang tidak dapat diprediksi, maka manuver penyediaan listrik hanya membutuhkan waktu kurang dari satu detik, sehingga tidak akan terasa ada kedip selama kegiatan,” jelas Udayana dari siaran pers.

Selain itu PLN juga menyiapkan pasokan cadangan listrik stadion berupa 11 unit uninterruptible power supply, 5 unit gardu bergerak, dan 6 unit genset yang masing – masing akan ditempatkan di lokasi – lokasi yang telah ditentukan sesuai dengan kebutuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala dunia u-20 gianyar bali united
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top