Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Air Asia Mulai Layani Rute Penang – Denpasar

Dibukanya rute Penang-Denpasar menambah rute penerbangan internasional ke Bali yang saat ini 23 rute internasional, dilayani oleh 25 maskapai.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 23 Oktober 2022  |  11:07 WIB
Air Asia Mulai Layani Rute Penang – Denpasar
Kedatangan pesawat Air Asia dari Penang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kamis (20/10/2022). - Ist
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR – Maskapai Air Asia kembali melayani rute internasional dari Penang, Malaysia ke Bali seiring dengan semakin banyaknya warga Penang berlibur ke Bali setelah pandemi Covid-19 dan semakin dilonggarkannya kebijakan perjalanan internasional kedua negara.

Penerbangan pertama dari Penang tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali pada Kamis (20/10/2022) dengan membawa 77 penumpang dengan pesawat Air Asia AK-1234. Kemudian pesawat tersebut membawa 67 penumpang dari Bali menuju Penang.

General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, menjelaskan dibukanya rute Penang-Denpasar semakin menambah rute penerbangan internasional ke Bali yang saat ini sudah berjumlah 23 rute internasional, yang dilayani oleh 25 maskapai.

Menurut Handy, Malaysia merupakan salah satu penyumbang wisatawan yang besar ke Bali pasca pandemi.

“Warga asal Malaysia merupakan salah satu WNA yang paling banyak mengunjungi Pulau Bali sepanjang 2022. Pada periode Januari – September 2022, tercatat sebanyak 43.283 orang Malaysia yang berkunjung ke Bali. Sedangkan secara umum sejumlah 87.567 Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang datang dari Malaysia ke Bandara Ngurah Rai, baik untuk berkunjung ke Bali maupun transit,” jelas Handy dalam siaran pers, Jumat (21/10/2022).

Pada September 2022 pergerakan penumpang paling tinggi berasal dari Australia, dengan jumlah penumpang 203.975 orang, Diikuti oleh Singapura 152.749 orang, dan Malaysia 87.567 orang penumpang. Sepanjang 2022, Bandara Ngurah Rai telah melayani lebih dari 8 juta penumpang baik internasional maupun domestik.

Walaupun sudah memasuki musim hujan, Handy menjelaskan penerbangan di Bandara Ngurah Rai tidak mengalami kendala yang signifikan, arus pesawat tetap berjalan setiap hari. “Operasional Bandara tetap berjalan normal meskipun dalam cuaca ekstrem, pelayanan penerbangan tetap berjalan dengan baik. Kami sudah menyiapkan tim operasional selama 24 jam untuk memantau kondisi cuaca memastikan penerbangan dilakukan dengan aman,” kata Handy. (C211)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara ngurah rai bali maskapai penerbangan air asia
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top