Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pergerakan Penumpang di Bandara Lombok 1,4 juta Orang

Bandara Lombok saat ini melayani lima rute domestik yakni Jakarta, Surabaya, Denpasar, Bima dan Sumbawa Besar.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 05 Oktober 2022  |  16:57 WIB
Pergerakan Penumpang di Bandara Lombok 1,4 juta Orang
Suasana di terminal keberangkatan Lombok International Airport (LIA) di Praya, Lombok Tengah, NTB. - Antara/Ahmad Subaidi
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR – Pergerakan penumpang di Bandara Lombok sepanjang 2022 sejumlah 1,4 juta orang yang didominasi oleh rute domestik atau dalam negeri dengan pertumbuhan penumpang 103 persen (yoy).

Pergerakan penumpang maupun pesawat udara tertinggi di Bandara Lombok terjadi pada Maret 2022 saat digelarnya event MotoGP Mandalika 2022, dengan jumlah penumpang 199.591 orang dan 2.116 pergerakan pesawat. Sedangkan pada September 2022 158.528 pergerakan penumpang, dengan rata – rata 5300 orang penumpang per hari.

Sedangkan pergerakan pesawat dari Januari hingga September 2022 sejumlah 15.166 pergerakan, meningkat 74 persen jika dibandingkan dengan pergerakan pesawat pada periode yang sama di 2021. Rata – rata pergerakan pesawat setiap hari di Bandara Lombok yakni 60 pergerakan.

General Manager Bandara Lombok, Rahmat Adil Indrawan, menjelaskan Bandara Lombok saat ini melayani lima rute domestik yakni Jakarta, Surabaya, Denpasar, Bima dan Sumbawa Besar. Meningkatnya pergerakan penumpang dan pergerakan pesawat menunjukkan perekonomian masyarakat mulai bergerak.

“Pertumbuhan pergerakan penumpang dan pesawat di Bandara Lombok menunjukkan industri aviasi mulai beranjak pulih setelah sebelumnya diterpa pandemi. Kami optimistis tiga bulan kedepan pertumbuhan pergerakan penumpang dan pesawat udara akan semakin baik lagi. Apalagi Lombok menjadi tuan rumah perhelatan internasional seperti event triathlon Ironman 70.3, serta kompetisi Shell Eco-marathon dan World Superbike (WSBK) 2022 yang diadakan di Sirkuit Mandalika. Ditambah lagi momentum libur hari raya natal dan tahun baru 2023,” jelas Adil dalam keterangan resminya, Rabu (5/10/2022).

Rute internasional bakal bertambah pada 16 Oktober 2022 dengan dibukanya rute Lombok – Singapura secara reguler dengan dua kali penerbangan dalam satu minggu, yang dilayani oleh maskapai Scoot. Sebelumnya rute internasional Bandara Lombok hanya satu yakni rute Lombok – Kuala Lumpur. (C211)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lombok ntb maskapai penerbangan bandara lombok
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top