Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transaksi Belanja Online di Bali Meningkat Signifikan pada Kuartal II/2022

Tokopedia mencatat peningkatan transaksi justru terjadi di wilayah kecamatan hingga pedesaan.
Penyampaian materi kelas digital bagi UMKM perempuan Bali pada Kamis (21/7/2022) di Quest Hotel San, Denpasar./Ist
Penyampaian materi kelas digital bagi UMKM perempuan Bali pada Kamis (21/7/2022) di Quest Hotel San, Denpasar./Ist

Bisnis.com, DENPASAR – Transaksi belanja online melalui Tokopedia di Provinsi Bali rata–rata meningkat satu setengah kali lipat pada kuartal II/2022.

Tokopedia mencatat peningkatan transaksi justru terjadi di wilayah kecamatan hingga pedesaan terjadi seperti Kecamatan Sidemen di kabupaten Karangasem, kemudian di kecamatan Selemadeg Timur, Gilimanuk, dan Pekutatan yang masuk wilayah kabupaten Jembrana.

Regional External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, menjelaskan cakupan belanja di sektor kesehatan, makanan & minuman, elektronik, rumah tangga, dan otomotif. “Tren belanja online ini didorong oleh deretan inisiatif Hyperlocal dan kampanye Tokopedia,” jelas Rizky di Denpasar, Kamis (21/7/2022).

Salah satu UMKM Bali, Jewel Rocks mencatatkan peningkatan transaksi hingga tiga kali lipat sejak berjualan melalui Tokopedia. Imelda Pemilik Jewel Rocks menjelaskan, produknya dikenal secara luas sejak berjualan melalui Tokopedia, bahkan produknya pernah tampil di Paris Fashion Show.

“Saya memulai modal usaha dengan modal Rp500.000 pada 2006, sejak 2019 saya mulai bergabung dengan Tokopedia, sejak bergabung peningkatan penjualan mulai terasa dan pada 2021 omzet saya meningkat hingga tiga kali lipat,” ujar Imelda.

Dalam perkembangan lain, Tokopedia memfasilitasi 100 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perempuan Provinsi Bali mendapat pelatihan strategi berbisnis secara digital.

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan, menjelaskan pelatihan ini bertujuan meningkatkan daya saing pelaku usaha perempuan Bali dalam berbisnis di dunia digital. Produk yang dihasilkan oleh UMKM Perempuan Bali dinilai memiliki kualitas untuk bersaing hingga level nasional.

Tokopedia bersama UMKM Perempuan Perintis (UPRINTIS) Indonesia memfasilitasi UMKM perempuan agar terus meningkatkan literasi digital agar bisa bersaing. Kami melihat kualitas produk yang dihasilkan pelaku usaha perempuan bisa bersaing hingga level nasional, dan ini kuncinya pada strategi bisnis,” jelas Emmiryzan di Denpasar, Kamis (21/7/2022).

Dalam kelas digital tersebut, pelaku usaha diberikan strategi meningkatkan kemampuan berbisnis secara digital, mulai dari promosi, memperluas jaringan bisnis, hingga mengelola keuangan dengan baik.

Jumlah UMKM yang menjadi mitra Tokopedia mencapai 12 juta UMKM di seluruh Indonesia termasuk Bali. Transaksi UMKM melalui tokopedia terus menunjukkan tren positif setiap tahun. Tokopedia terus mendorong literasi digital UMKM karena kontribusi UMKM bagi Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 60 persen.(C211)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper