Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Omicron Transmisi Lokal Terdeteksi di Mataram

Warga yang terjangkit varian omicron tersebut tidak pernah melakukan perjalanan ke luar daerah maupun ke luar negeri.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 24 Januari 2022  |  14:05 WIB
Ilustrasi Omicron. - Antara
Ilustrasi Omicron. - Antara

Bisnis.com, MATARAM - Satu orang warga Kota Mataram terkonfirmasi terinfeksi virus Covid-19 jenis Omicron setelah melakukan tes pada 20 Januari 2022.

Data dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB menyebutkan warga yang terjangkit Omicron seorang perempuan dengan inisial SBS berusia 63 tahun. Kepastian yang bersangkitan positif Omicron setelah dilakukan pemeriksaan oleh Balitbang Kementerian Kesehatan Jakarta.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Mataram I Nyoman Suwandiasa menjelaskan salah satu warga Kota Mataram terjangkit varian Omicron. "Ada satu orang yang kena (Covid-19)," jelas Suwandi kepada Bisnis melalui telepon, Senin (24/1/2022).

Warga Mataram yang terkena varian Omicron memiliki penyakit bawaan sesak dan dinyatakan meninggal pada 14 Januari 2022 lalu karena sakit sesak. "Masuk ke Rumah sakit karena sesak, dan dites Covid-19 lalu dikirim ke Balitbang Kemenkes Jakarta sampel tesnya. Hasilnya kan tidak bisa keluar langsung dan baru keluar pada 20 Januari 2022," ujar Suwandi.

Satgas telah melakukan tracing kepada keluarga atau orang yang pernah kontak langsung dengan yang bersangkutan. "Kami sudah mengirim sampel tes hasil tracing ke Jakarta dan tinggal menunggu hasil, semoga tidak ada yang positif," kata dia.

Suwandi menjelaskan warga yang terjangkit varian omicron tersebut tidak pernah melakukan perjalanan ke luar daerah maupun ke luar negeri. "Yang bersangkutan tidak pernah melakukan perjalanan, tidak ada riwayat ke luar daerah maupun luar negeri," ujar Suwandi.

Pemerintah daerah mengimbau masyarakat tidak perlu panik dengan terdeteksinya varian Omicron di NTB. Masyarakat diminta tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker saat beraktivitas dan menghindari kerumunan yang tidak menerapkan prokes. (K48)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 omicron
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top