Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Target Kunjungan Wisatawan ke NTB pada 2022

Wisatawan NTB pada 2022 diprediksi akan didominasi oleh wisatawan domestik.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 30 Desember 2021  |  16:11 WIB
Begini Target Kunjungan Wisatawan ke NTB pada 2022
Sejumlah warga mencari dan mengumpulkan "Nyale" (cacing laut warna-warni) di Pantai Seger, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (4/3/2021). Tradisi Bau Nyale merupakan tradisi turun temurun masyarakat Sasak Lombok dengan menangkap Nyale (cacing laut warna-warni) yang muncul sekali setahun di pantai selatan Lombok. - Antara/Aprillio Akbar
Bagikan

Bisnis.com, MATARAM - Kunjungan wisatawan ke Nusa Tenggara Barat pada 2022 diprediksi masih dipengaruhi oleh pandemi Covid-19.

Dinas Pariwisata Provinsi NTB menargetkan 1,5 juta kunjungan wisatawan pada tahun depan, tetapi target tersebut sangat bergantung pada situasi pandemi yang masih dinamis.

Kepala Dinas Pariwisata NTB menjelaskan untuk target 2022 pihaknya realistis dengan keadaan dunia wisata yang masih stagnan karena pembatasan perjalanan internasional maupun domestik. "Pada 2021 saja turun menjadi 1 juta kunjungan, saat ini realistis saja dari pada memasang target tinggi, target kami tidak jauh dari 2021 sekitar 1,5 juta," jelas Yusron, Kamis (30/12/2021).

Jumlah kunjungan wisatawan tersebut jauh menurun dibandingkan sebelum pandemi Covid-19 dimana angka kunjungan mencapai empat juta orang. Wisatawan NTB pada 2022 diprediksi akan didominasi oleh wisatawan domestik atau wisatawan nusantara terutama dari daerah urban seperti Jakarta, Surabaya dan Bandung.

Selain itu, NTB juga berharap kunjungan wisatawan terkerek melalui event MotoGP 2022 yang diprediksi akan mendatangkan 200.000 wisatawan ke NTB. Selain MotoGP NTB juga akan menjadi tuan rumah beberapa event Balap yakni World Superbike, Motorcross World Championship (MXGP), IATC.

Pemprov NTB terus melobi untuk tambahan event di Mandalika maupun di pulau Sumbawa untuk meningkatkan kunjungan wisatawawan ke NTB, termasuk mengajukan diri menjadi tuan rumah MXGP hingga Formula 1. Gubernur NTB Zulkieflimansyah menjelaskan untuk MXGP pulau Sumbawa dipilih sebagai tempat penyelenggaraan.

"Kami terus mematangkan persiapan MXGP, pulau Sumbawa rencananya sebagai tempat event, di kawasan Samota Kabupaten Sumbawa Besar," ujar Zul. (K48)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata lombok ntb
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top