Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Sapi di Mataram Naik Rp2 Juta per Ekor

Kenaikan harga sapi tidak berbanding lurus dengan permintaan yang justru menurun dibandingkan sebelum pandemi.
Harian Noris S.
Harian Noris S. - Bisnis.com 19 Juli 2021  |  17:24 WIB
Harga Sapi di Mataram Naik Rp2 Juta per Ekor
Ilustrasi.
Bagikan

Bisnis.com, MATARAM - Harga sapi di kota Mataram mengalami kenaikan dari harga normal mulai Rp13 juta menjadi Rp15 juta per ekor menjelang hari raya Iduladha.

Naiknya harga sapi merupakan fenomena tahunan menjelang hari raya Iduladha. Salah satu pedagang hewan kurban di Mataram Iqbal menjelaskan kenaikan tersebut tetap tetap terjadi walaupun di tengah pandemi Covid-19. Naiknya harga sudah di mulai dua minggu sebelum hari raya iduladha

"Sekarang harga sapi paling murah untuk kurban Rp15 juta sampai Rp22 juta per ekor, itu tergantung ukuran sapi. Sebelum Iduladha harganya berkisar Rp13 juta hingga Rp20 juta. Jadi ada kenaikan Rp2 juta untuk setiap ukuran," jelas Iqbal, Senin (19/7/2021).

Kenaikan harga sapi tidak berbanding lurus dengan permintaan yang justru menurun dibandingkan sebelum pandemi.

Iqbal menjelaskan saat ini sapi yang terjual hanya 50 ekor, jauh menurun dibandingkan sebelum pandemi yang bisa terjual hingga 80 ekor sapi. "Jauh menurun dibandingkan sebelum pandemi," ujar Iqbal.

Selain sapi, harga kambing untuk kurban juga mengalami kenaikan dari harga paling murah Rp2 juta hingga Rp5 juta menjadi harga Rp2,5 juta hingga Rp6 juta. Walaupun harga naik, permintaan kambing juga mengalami penurunan dibandingkan dengan kondisi normal.

"Kalau kambing saat ini hanya terjual maksimal 100 ekor, dulu sebelum pandemi kalau Iduladha bisa 200 ekor," ujar Iqbal.

Turunnya permintaan sapi tidak lepas dari dampak pandemi Covid-19, pemerintah juga membatasi kegiatan masyarakat saat perayaan Iduladha dengan merekomendasikan beribadah di rumah. Selain itu pemotongan hewan kurban harus dilakukan di rumah potong hewan (RPH). (K48)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sapi ntb
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top