Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nakes TNI Siap Dilibatkan Vaksinasi Anak 12 hingga 17 Tahun

Vaksin yang akan diberikan ke anak-anak usia 12 sampai 17 tahun adalah vaksin jenis Sinovac dan Pfizer.
Ilustrasi anak suntik vaksin
Ilustrasi anak suntik vaksin

Bisnis.com, DENPASAR — Kepala Kesehatan Kodam IX/Udayana Kolonel Ckm dr. I Made Mardika mengatakan bahwa tenaga kesehatan TNI siap dilibatkan dalam pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 1217 tahun.

"Iya, nakes [tenaga kesehatan] kami siap dilibatkan dalam vaksinasi untuk anak usia 12 sampai 17 tahun. Setelah ada juknis dari Kemenkes pasti akan kami lakukan," kata Mardika saat dimintai konfirmasi, Kamis.

Dia mengatakan bahwa saat ini telah dilakukan persiapan salah satunya dengan melakukan pendataan anak-anak dari usia 12 hingga 17 tahun di lingkungan keluarga besar TNI (KBT).

Untuk jumlah anak-anak dari KBT usia 12 sampai dengan 17 tahun di Bali sekitar 10.000-an, sedangkan untuk wilayah NTT dan NTB jumlah anak-anaknya ada sekitar 5.000-an.

"Sistemnya sama seperti vaksinasi lainnya, dan sekarang kami sudah mulai mendata anak-anak di keluarga besar TNI. Yang umur 1217 kami sudah data, kalau sudah ada juknis sudah bisa dilaksanakan (vaksinasi)," jelasnya.

Hingga saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan sebagai payung hukum sebelum langsung melakukan vaksinasi.

"Sementara masih tunggu juknis dari Kemenkes sebagai payung hukumnya, karena nanti melibatkan anak-anak kalau disuntik terjadi apa-apa siapa yang tanggung jawab. Yang jelas BPOM sudah memberikan rekomendasi dan izin berarti aman vaksinnya," kata Kakesdam.

Selanjutnya, vaksin yang akan diberikan ke anak-anak usia 12 sampai 17 tahun adalah vaksin jenis Sinovac dan Pfizer.

#ingatpesanibu, #sudahdivaksintetap3m, #vaksinmelindungikitasemua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper