Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sakosa, Kawasan Pariwisata NTB yang Menanti Minat Investor

Sakosa menjadi satu kawasan strategis yang sedang ditawarkan ke investor. Selain pariwisata terdapat potensi lain yang dapat dikembangkan. 
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 02 Maret 2021  |  19:59 WIB
Segitiga emas Sangiang, Komodo, Sape sedang ditawarkan oleh Pemprov Nusa Tenggara Barat kepada para investor. Sejumlah insentif disediakan Pemprov NTB, - investasi/perizinan.ntbprov.go.id
Segitiga emas Sangiang, Komodo, Sape sedang ditawarkan oleh Pemprov Nusa Tenggara Barat kepada para investor. Sejumlah insentif disediakan Pemprov NTB, - investasi/perizinan.ntbprov.go.id

Bisnis.com, DENPASAR - Wilayah Sape dan Sangiang yang masuk dalam segi tiga emas Sangiang Komodo Sape atau Sakosa belum dilirik oleh investor.

Padahal, kawasan ini sedang digalakkan oleh Nusa Tenggara Barat sebagai daya tarik wisata strategis.

Wilayah Sape dan Pulau Sangiang, yang berada di Bima, NTB menjadi daerah potensi pariwisata karena dekat dengan Pulau Komodo.

Seperti diketahui Pulau Komodo menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang sedang dibangun oleh pemerintah pusat. 

Pulau Sangiang terletak di kecamatan Wera, Kabupaten Bima. Pulau ini memiliki potensi wisata gunung api Sangiang, letaknya di laut Flores tidak jauh dari Pulau Komodo.

Selain itu, potensi wisata pantai dan laut menjadi daya tarik Sangiang. 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-TSP) NTB H.Mohammad Rum menjelaskan pihaknya sedang melakukan penjajakan terhadap investor untuk berinvestasi di Sakosa.

"Memang kami coba undang investor untuk berinvestasi di sana, ada beberapa pulau yang bagus dan sudah siap dikelola," jelasnya kepada Bisnis, Selasa (2/3/2021). 

Walaupun dekat dengan Pulau Komodo, hingga saat ini belum ada investor yang berminat ke Sape dan Sangiang. "Sampai saat ini belum ada investor yang masuk," jelasnya. 

Mohammad Rum menjelaskan dengan dekatnya Sape dari pulau Komodo membuat wilayah Sape dan Sangiang strategis.

"Jadi untuk ke Pulau Komodo tidak harus ke Labuhan Bajo, NTT," jelasnya.

Sakosa menjadi satu kawasan strategis yang sedang ditawarkan ke investor.

Selain pariwisata, pengembangan perikanan tangkap, perikanan budi daya dan komoditi agro seperti kopi, bawang, jagung, gula juga berpotensi dikembangkan. 

Pemerintah NTB menjamin kemudahan untuk investor yang akan berinvestasi di berbagai sektor potensi.

"Kami berikan insentif pajak atau retribusi daerah, insentif penanaman modal yang menjadi kewenangan provinsi," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata ntb Sakosa - Sangiang Komodo Sape
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top