Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Kelompok Penerima Vaksin di Bali

Pemerintah Provinsi Bali akan menyalurkan vaksin Sinovac kepada 2.999.400 orang atau 70 persen dari jumlah penduduk Pulau Dewata dengan menyasar lima kelompok.
Luh Putu Sugiari
Luh Putu Sugiari - Bisnis.com 14 Januari 2021  |  10:12 WIB
Petugas kesehatan memberikan contoh cara memvaksin seorang pasien saat simulasi pemberian vaksin Covid-19 Sinovac - Antara
Petugas kesehatan memberikan contoh cara memvaksin seorang pasien saat simulasi pemberian vaksin Covid-19 Sinovac - Antara

Bisnis.com, DENPASAR - Pemerintah Provinsi Bali akan menyalurkan vaksin Sinovac kepada 2.999.400 orang atau 70 persen dari jumlah penduduk Pulau Dewata dengan menyasar lima kelompok.

Pertama, adalah tenaga kesehatan dan tenaga penunjang fasilitas kesehatan yang berjumlah 30.320 orang. Kedua, pelayan publik yaitu TNI, Polri, Satpol PP, Guru, aparat hukum dan lainnya sebanyak 263.389 orang. Ketiga, masyarakat rentan secara geospasial sosial dan ekonomi 1.290.243 orang. Keempat, masyarakat dan pelaku ekonomi 854.756 orang. Kelima, masyarakat rentan dengan usia diatas 60 tahun berjumlah 560.785 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Ketut Suarjaya mengatakan sasaran awal vaksin Sinovac ini adalah penduduk yang berusia 18 - 59 tahun. Kemudian untuk yang berusia 60 tahun keatas diberikan dengan jenis vaksin yang berbeda.

Adapun pada hari ini, lanjutnya, vaksinasi telah diawali oleh 16 pejabat publik termasuk Gubernur Bali I Wayan Koster, Panglima Kodam IX Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak dan Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra.

"Vaksinasi ini akan diberikan dua kali dengan jenis yang sama dan interval 14 hari dari saat ini," tuturnya di Rumah Sakit Bali Mandara, Kamis, (14/1/2021).

Menurut Suarjaya, tujuan dari pemberian vaksin yang pertama untuk membentuk kekebalan diri dan kelompok, kedua menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, ketiga melindungi dan memperkuat sistem kesehatan, dan keempat untuk menjaga produktivitas serta meminimalkan dampak sosial ekonomi.

Selanjutnya, besok pada Jumat, (15/1) vaksinasi oleh tenaga kesehatan dilakukan di tiga kabupaten di Bali yakni di Kota Denpasar sebanyak 12.032 orang, Kabupaten Badung 5.533 orang, dan Gianyar 4.231 orang. Kemudian, untuk enam kabupaten lain akan dimulai pada Februari 2021 dan seterusnya hingga proses vaksinasi selesai.

"Pemerintah tentu telah menjamin vaksin yang digunakan sudah sesuai dengan standar keamanan dan melewati uji klinik yang pertama," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali Covid-19
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top