Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

26 UMKM di Bali Ikut Gerakan Bangga Buatan Indonesia 2021

Pejabat daerah, serta pemangku diminta untuk bersatu meningkatkan kualitas dan penjualan produk lokal Indonesia serta menjadi duta produk lokal Indonesia dengan membeli dan menggunakan produk lokal.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho dalam Acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2021.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho dalam Acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2021.

Bisnis.com, DENPASAR - Sebanyak 26 UMKM di Bali tergabung dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2021 yang bertujuan agar masyarakat Indonesia dapat menghargai, mencintai, dan menggunakan karya anak bangsa.

Adapun setelah melewati proses kurasi, ke-26 produk UMKM tersebut kembali dibagi menjadi dua kelompok yakni produk premium dan non premium.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bali Trisno Nugroho mengatakan program ini menggunakan jalur pemasaran omni channel daring dan luring untuk brand building, promosi penjualan hingga transaksi.

Sementara itu, untuk sinergi pemasaran ditempuh dengan mengoptimalkan marketplace e-commerce, media sosial, gerai ritel seperti di bandara, pusat perbelanjaan di kota-kota utama dalam negeri serta optimalisasi marketplace, toko ritel produk Indonesia hingga jaringan diaspora dan pekerja migran Indonesia di luar negeri.

"Gernas BBI 2021 yang mengambil tema Produk Artisan Indonesia 2021 Untuk Kita Indonesia dan Dunia secara resmi diluncurkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan secara virtual," tuturnya dalam rilis yang diterima Bisnis, Senin (11/1/2021).

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan ada 6,1 juta UMKM yang ditargetkan masuk platform ekosistem digital (onboarding) setiap tahunnya hingga 2023. Menurutnya, kualitas produk dalam negeri tidak kalah berkualitas dengan produk-produk dari luar negeri.

"Kami mengimbau seluruh pejabat daerah, serta pemangku kepentingan untuk bersatu meningkatkan kualitas dan penjualan produk lokal Indonesia serta menjadi duta produk lokal Indonesia dengan membeli dan menggunakan produk lokal," tuturnya.

Gubernur BI Perry menegaskan bahwa Bank Indonesia di 46 Kantor Perwakilan Dalam Negeri siap mendukung Gernas BBI yang akan diselenggarakan setiap bulan pada tahun 2021 "Di era digitalisasi seperti sekarang, Bank Indonesia ikut berkontribusi memudahkan sistem pembayaran dengan menggunakan QRIS, yang diharapkan akan semakin menyambungkan pelaku usaha dengan dunia digital," tambahnyal.

Kegiatan peluncuran Gernas BBI 2021 diawali dengan penayangan video Produk Artisan Indonesia yang dilanjutkan dengan penayangan kegiatan showcase secara luring yang dilaksanakan bersamaan di Beachwalk dan Art Center, Denpasar.

Selain di kedua tempat tersebut, kegiatan showcase juga dilaksanakan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai serta gedung BCA di Denpasar dan Kuta.

Ke-26 UMKM ini merupakan binaan dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali, UMKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Buleleng, Badung, dan Gianyar serta UMKM Debitur BCA.

Pada kategori produk premium terdapat 10 produk UMKM yakni dalam bidang kriya: Din'z Handmad, WH Bali, Bara Silver, Kuliner: Kutus-Kutus, Kue Saje, Ma Ira, Kopi Arabika Kintamani Kain/Fashion: Putrimas, Kelompok Pertenunan Artha Dharma, Agung Bali Collection.

Sedangkan 16 UMKM kategori produk non premium, yaitu pada bidang kriya: Rupadana Silver, Bali Bakti Anggara, kuliner: Pia Cinta, UD Arya Paramita, Sambal Khas Karangasem, Klaster Bawang Merah Songan, Kopi Giri Alam, Kou Bali & Kou Cuisine, Gula Pedawa, Bali Pure, kain/fashion: Poni Songket, Marta Ayu, Anacaraka, Pagi Motley, Cepuk Rangrang Nusa Karang, Murni Cosmetic.

Ket. Foto : Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho dalam Acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Luh Putu Sugiari
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler