Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selama Pandemi Klaim Kecelakaan Lalin di Bali Menurun Hingga 30 Persen

Klaim atas kasus kecelakaan lalu lintas di Bali selama pandemi mengalami penurunan hingga 30 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, DENPASAR - Klaim atas kasus kecelakaan lalu lintas di Bali selama pandemi mengalami penurunan hingga 30 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Kepala Bagian Operasional Jasa Raharja Cabang Bali Lalu Saripudin mengatakan penurunan ini disebabkan karena berkurangnya kegiatan masyarakat di luar rumah. Selain penyerahan klaim yang menurun, pendapatan premi asuransi kecelakaan lalu lintas tahun ini juga mengalami penurunan yang signifikan yakni hampir 40 persen.

"Kondisi ini kami maklumi karena pergerakan orang juga berkurang akibat pandemi," tuturnya, Jumat, (27/11/2020).

Secara lebih rinci, dia menjelaskan pada periode Januari-Oktober 2020 klaim yang diserahkan Jasa Raharja Cabang Bali mencapai Rp33,5 miliar, dan telah dibayarkan kepada korban luka-luka untuk biaya perawatan senilai Rp21 miliar, dan Rp12,5 miliar untuk yang meninggal dunia.

Sedangkan, pada periode yang sama tahun sebelumnya, klaim yang telah diserahkan senilai Rp42 miliar, yakni Rp16 miliar untuk korban meninggal dunia yang diberikan kepada ahli waris, dan Rp36 miliar untuk korban kecelakaan yang mengalami luka-luka.

Memasuki usia yang ke 60 tahun, sambungnya, Jasa Raharja memberikan klaim kepada korban kecelakaan lalu lintas berdasarkan pada sistem asas domisili.

Adapun sistem asas domisili yang dimaksud yakni apabila ada warga Bali mengalami kecelakaan hingga meninggal dunia di Kalimantan, Jawa maupun Sumatera atau provinsi lainnya, pihak Jasa Raharja akan tetap menyerahkan klaim asuransi kematiannya kepada ahli waris yang berada di Pulau Dewata. Penyerahan klaim saat ini telah dipermudah melalui transfer ke rekening ahli waris.

"Penyerahan klaim kepada ahli waris korban kecelakaan kami bekerjasama dengan Disdukcapil terkait data-data korban dan ahli waris," jelasnya.

Disinggung mengenai pelayanan yang diberikan Jasa Raharja di tengah Pandemi, dia meyakini tidak ada masalah yang signifikan. Karena pelayanan dilakukan di kantor cabang, dan sejak adanya Covid-19 telah dilakukan melalui telepon dan WhatsApp.

"Melalui sistem transfer langsung ke rekening ahli waris maka kami tidak akan mungkin salah di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama pada pemberian santunan," katanya.

Dia menambahkan terkait kegiatan penanaman pohon yang merupakan serangkaian HUT Jasa Raharja ke 60 dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia yakni di 29 kantor cabang. Untuk di Bali dipilihnya Pantai Pererenan karena merupakan salah satu destinasi yang dikunjungi wisatawan.

"Pohon yang kami tanam tingginya 3 meter dan direkomendasikan sesuai dengan wilayah di sini. Meskipun kecil dan sedikit agar bisa dirasakan manfaatnya," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Luh Putu Sugiari
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler